22 August 2008

Tayangan Film Kartun di Televisi Masih Penuh Kekerasan

Agaknya, stasiun televisi swasta di negeri ini harus lebih berhati-hati dalam menayangkan program acaranya, apalagi kalau diembel-embeli untuk tontonan anak-anak dan remaja. Lihat saja hasil pemantauan dari Panelis Pemantau Siaran TV Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dalam rentang waktu 2 minggu – berdasar tayangan televisi tanggal 14-29 Juni 2008 – terhadap 84 judul tayangan (316 episode) yang disiarkan sembilan stasiun televisi : Indosiar, SCTV, TPI, RCTI, Global TV, ANTV, TVRI, Trans TV dan Trans 7.

Dari berbagai ragam tayangan tersebut – diantaranya berupa sinetron, 19 judul variety show, dan 47 judul program anak – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat menulai empat judul tayangan TV, yaitu : Bleach, Cerita SMA, Detective Conan, dan Naruto, bermasalah karena melanggar beberapa pasal dalam Undang Undang Penyiaran Nomor 32 Tahun 2002.

Tayangan Bleach di Indosiar (tiap hari Minggu, 11.00-11.30 Wib) dinilai tidak tepat untuk anak-anak karena menampilkan cerita tentang dunia mistis dan kekerasan sebagai tema utama, sangat ekspresif dan menunjukkan orang bertarung dengan tangan kosong maupun senjata.

Cerita SMA yang ditayangkan RCTI (setiap hari, pukul 19.00-20.00 Wib) dinilai tidak memperhatikan norma kesopanan dan kesusilaan. Ada adegan yang menampilkan alat kelamin pemeran anak laki-laki. Intinya, tidak ada perlindungan bagi anak yang bermain sinetron maupun anak-anak yang menontonnya.

Detective Conan yang ditayangan Indosiar (setiap hari Minggu, 08.30-09.00 Wib) menampilkan tema cerita yang tidak tepat bagi anak dan pemeran yang hamper seluruhnya orang dewasa. Demikian juga dengan Naruto, yang ditayangkan Indosiar dan Global TV. Hampir sama dengan Detective Conan, Naruto terlalu banyak menampilkan kekerasan fisik dan mistis.

Jadi, seperti saran KPI, orangtua harus lebih sadar bahwa tayangan kartun atau animasi tidak semuanya cocok untuk anak-anak. Banyak adegan kekerasan di film kartun, dan anak-anak gampang sekali meniru. Itu yang harus kita waspadai. Setuju kan?

AddThis Feed Button