06 October 2008

In Memoriam Situs Konsumen PintuNet

Tutupnya situs konsumen PintuNet di bulan September 2008 kemarin memang lumayan mengagetkan. Dan aku mengetahuinya pun bukan karena nggak bisa akses situs yang didirikan Juni 2001 ini, tetapi justeru dari milist PintuNet, yang dibuat oleh teman-teman member lama (teman-teman ini mulai mengaktifkan mailing list sekitar di akhir 2002).

Sebenarnya, hidup dan mati sebuah situs komunitas seperti PintuNet ini adalah hal yang biasa. Tetapi, menjadi luar biasa bagiku, karena melalui situs yang satu inilah aku mulai senang menulis di dunia maya, walau yang ditulis sebatas review produk dalam negeri. Saat itu senang menulis, karena selain dibaca banyak member lain, juga tulisan tersebut dihargai dengan point yang bisa diuangkan (dan dibayarkan tiap 3 bulan sekali) hehehe….

Kenangan terhadap situs yang mirip-mirip dengan Epinions atau Ciao ini cukup banyak. Selain memang menghibur (karena sebagai konsumen, member bebas menulis tentang apa saja), diakui atau tidak situs ini bisa memacu persaingan untuk menjadi penulis opini yang digemari member lain. Sehingga member-member lawas macam jonru (saluuut…, sekarang udah jadi penulis buku ya, Bang?), yartati (sudah pensiun dari PNS belum, Bu?), ucup33 (kumaha Kang, makin makmur aja sekarang), bkurniawan (setelah Schummy pensiun, jagoin siapa nih?), tezar (yang senang tinggal di pedesaan), dan juga ermint (tetap setia dengan Indosiar nih!), semakin hari bisa menjadi teman yang menyenangkan, saat offline sekalipun.

Tujuh tahun PintuNet bisa bertahan, seharusnya bisa semakin kuat. Karena – tekad membernya saat offline Ultah ke-1 PintuNet di TMII enam tahun silam – adalah menjadikan PintuNet sebagai kekuatan konsumen yang sebenarnya. Tetapi perjalanan waktu menyatakan lain. Barangkali, ada faktor internal di pengelola Pintunet yang membuat situs ini harus diakhiri keberadaannya. Dan itu adalah hak setiap orang (baca : owner) dari sebuah situs komunitas.

Terima kasih PintuNet. Terima kasih Pak Reiner Rachim Tamsyadi (owner PintuNet yang tidak diragukan lagi loyalitasnya untuk memberdayakan konsumen), Terima kasih Bang Murdan Sianturi (webmaster PintuNet selama 7 tahun tak tergantikan, dan denger-denger udah bikin web sejenis, hehehe…) dan juga teman-teman member yang pernah “bersentuhan” dengan member ber-ID : prie (itulah aku). Gelar “Penulis Teraktif” dengan kenangan-kenangan sebuah Pena, setidaknya pernah aku terima di perayaan Ultah PintuNet ke-1, medio Juli 2002.

AddThis Feed Button