16 April 2020

Apa Beda Antara Lotek, Karedok, Pecel, dan Gado-Gado?


Beragamnya makanan tradisional yang ada di nusantara, membuat penikmat kuliner seperti dimanjakan. Dan rasanya hampir tidak ada orang Indonesia yang tidak pernah mencicipi empat makanan ini: Lotek, Karedok, Pecel, dan Gado-Gado.

Sama-sama berbahan sayuran dan bersalut bumbu kacang yang gurih, menjadikan keempatnya mudah diakrabi oleh lidah siapa pun. Meski, nyatanya banyak juga di antara kita yang sering tertukar satu sama lainnya, bahkan tak bisa membedakan.


Agar Anda tak penasaran – dan paham perbedaannya – berikut penjelasan yang dilansir dari laman femina online, yang tentu akan berguna untuk kita semua. Setidaknya, tidak ragu lagi untuk menyebut nama makanan ini ketika dihiangkan di hadapan kita.


#1 Lotek
Merupakan makanan khas dari daerah Jawa Barat. Ciri khasnya memiliki aroma kencur yang cukup terasa. Saat membuat bumbu kacang, ditambahkan potongan kentang rebus yang membuat tekstur bumbu menjadi lebih kental. Isinya terdiri dari kacang panjang, kol, taoge, kangkung dan bayam. Ada juga yang menyertakan nangka muda di dalamnya.



#2 Karedok
Sajian yang juga berasal dari tanah Sunda ini mengandalkan sayuran mentah seperti taoge, kol, kacang panjang, dan mentimun. Tambahan daun kemangi juga turut menyumbang rasa harum selain kencur.  Disajikan dengan taburan emping.



#3 Pecel
Yang paling melekat di pikiran saat menyebut pecel, pasti Pecel Madiun. Walaupun begitu, makanan ini juga populer di wilayah DI Yogyakarta dan juga Jawa Tengah. Isinya terdiri dari berbagai sayuran yang dimasak hingga matang lalu disiramkan dengan bumbu kacang yang sudah dibuat sebelumnya. Terdapat sensasi segar berkat tambahan daun jeruk di dalam bumbu kacang. Sebagai pelengkap, tambahkan rempeyek kacang. 



#4 Gado-gado
Banyak yang menyebut hidangan ini sebagai salad dari Indonesia. Menggabungkan jenis sayuran mentah dan yang telah direbus, terdapat juga potongan kentang rebus, tahu, dan tempe untuk memperkaya tekstur. Dalam membuat bumbu dari gado-gado, biasanya menggunakan santan untuk mempertebal rasa. Perpaduan warnanya semakin cantik berkat tambahan potongan tomat dan telur rebus.