27 February 2012

Memilih Domain Name itu Gampang-gampang Susah


Ketika minggu kemarin ada salah satu teman minta pendapat nama domain apa sebaiknya yang akan digunakan untuk bisnis online-nya, terus terang saya agak bingung. Karena saya memang tidak pernah secara spesifik mempelajari masalah seluk beluk memilih domain ini. Dan gara-gara pertanyaan itu pula, saya jadi rajin ‘mencari jawaban’ dengan googling kesana-kemari.

Alhamdulillah, akhirnya saya mendapatkan beberapa artikel yang (setidaknya) bisa memberi sedikit pencerahan, meski mungkin juga belum maksimal, karena baru jawaban yang simple semata, yang rangkumannya sebagai berikut:


Domain name adalah kata yang mewakili dari identitas dari sebuah halaman website. Untuk itu bila kita ketikan dalam URL sebuah halaman browser lalu kita ketik enter, maka browser tersebut akan membuka halaman depan dari website tersebut. Contoh nama domain misalnya: sugengpribadi.com , bhinneka.com, yahoo.com, facebook.com, dsb.

Kita bisa mendaftarkan domain name ini ke penyedia domain bersangkutan dengan harga tertentu, dan harus kita daftar ulang setiap tahunnya sebelum masa berlakunnya habis. Dan apabila domain name yang anda pilih ternyata sudah dipakai oleh orang lain, anda tidak bisa menggunakan domain name tersebut.

Pemilihan domain name ini akan memiliki peranan penting dalam tujuan kita membangun sebuah website. Hal ini karena domain name ini adalah kata yang perlu diingat oleh pengunjung, dan juga anchor text didalamnya mempunyai nilai yang tinggi dalam proses SEO (search engine optimation). Yang pada akhirnnya akan menentukan tingkat traffic kunjungan dari pengguna layanan website kita.

Berikut ini tip memilih nama sebuah domain name yang baik:

§  Simple is the best Maximum
Yang dibenarkan adalah 63 characters. Anda kami anjurkan untuk memilih nama yang pendek dan simple.

§  Diskriptif
Sebaiknya, gunakan domain name yang deskriptip atau mempunya makna. Hal ini akan sangat memudahkan untuk diingat. Misalnya, tokosepatu.com adalah lebih baik dari pada tk-sepatu.com.

§  Mudah Dimengerti
Juga harus mudah diucapkan, mudah diketik, dan mudah diingat. Pilihlah domain name yang mudah dimengerti, mudah diucapkan, mudah diketik, dan mudah diingat. Untuk itu cobalah tes dengan memberitahu seseorang secara verbal nama domain yang anda pilih lewat telepon. Bila orang tersebut langsung bisa mengerti, maka pilihan anda bagus.

§  SEO Friendly
Anchor text atau kata-kata yang mengikuti pada sebuah domain name mempunyai nilai yang tinggi dalam proses SEO. Untuk itu sebaiknya juga mengandung produk atau layanan anda atau nama identitas perusahaan atau organisasi anda. Untuk itu apabila anda mempunyai nama perusahaan yang mengandung nama produk atau layanan anda adalah sangat bagus untuk nama domain.

Dan apabila tidak demikian adannya, anda harus memilih nama domain yang mengandung salah satu nama perusahaan anda atau produk anda. Misalnnya, apabila anda menjual komputer pilihlah domain komputer.com atau bila tidak mungkin anda bisa menambahkan tanda “-“ menjadi komputer-ku.com akan menempati nilai yang lebih baik dari pada komputerku.com.  

§  Pilih Nama extension yang paling terkenal
Pilih nama domain yang menggunakan extension “.com” terlebih dahulu karena paling populer. Bila sudah diambil oleh orang lain, anda bisa menggunakan domain extension lain seperti .net .biz .info dsb.

***

Sumber: palapastudio.com