21 May 2008

Tolak Microsoft, Direksi Yahoo! Akan Dirombak

Gonjang ganjing permasalahan Yahoo! dengan Microsoft yang sudah terjadi dalam beberapa waktu belakangan ini, nampaknya belum berakhir. Rupanya, penolakan manajemen Yahoo Inc.’s terhadap pinangan Microsoft Corp. berbuntut panjang. Kabar terakhir, miliuner Carl Icahn meminta agar jajaran direksi Yahoo! membuka kembali penawaran yang pernah diajukan Microsoft.

Bahkan, dalam suratnya kepada para direksi Yahoo! Icahn mengancam akan mengubah susunan direksi pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Yahoo! 3 Juli mendatang. Sekedar catatan, Icahn memiliki 59 juta saham Yahoo! atau setara dengan US$ 2,5 miliar, berdasarkan harga saham pertengahan Mei 2008.

Keputusan manajemen Yahoo! memang terbilang mengejutkan para pemegang sahamnya. Kala itu, Microsoft mengajukan penawaran sebesar US$ 44,6 miliar atau US$ 31 per saham untuk membeli saham Yahoo!. Bahkan, awal Mei Microsoft menaikkan tawarannya menjadi US$ 47,5 miliar atau US$ 33 per saham.
Namun Jerry Yang secara sepihak menolak pinangan Microsoft. Alasan CEO Yahoo! itu, harga penawaran Microsoft terlalu murah. Jerry mengatakan harga wajar Yahoo adalah US$ 37 per saham. Dan bisa jadi campur tangan Icahn ini akan membuka kembali negosiasi dengan Microsoft. Dan artinya, aka nada babak babak selanjutnya dari drama bisnis pencari situs ternama di Amerika Serikat ini. Pokoknya, seru !