28 June 2008

Hayabusa, Moge Andalan Negeri Sakura

Inilah jagoan moge Suzuki yang segera meluncur di Indonesia. Moge Hayabusa mengusung mesin 4 silinder 1.340 cc sehingga bisa digeber hingga kecepatan 350 km per jam. Motor ini dilengkapi fitur yang disebut Suzuki Drive Mode Selector (D-SMS). Fitur ini berfungsi mengatur laju motor sesuai dengan arena pacu yang akan dilewati.

Hayabusa yang nama aslinya GSX1300R juga dilengkapi dengan berbagai fitur mesin antara lain sistim pendingin liquid-cooled, DOHC berukuran 810 mm x 65.0 mm dan 6 speed constant. Moge yang juga memilki rasio kompresi 12,5:1 ini sudah menggunakan system injeksi bahan bakar digital yang dikendalikan sebuah micro-prossesor.

Hayabusa memilki sistem pengereman ABS (anti-blocking system) yang menghasilkan daya cengkeram kuat ketika mengerem pada kecepatan tinggi. Ada pula fitur idle speed control (ISC) untuk mengontrol kecepatan kendaraan sekaligus menstabilkan pembakaran.

Sayang, penggemar moge mesti sabar menunggu kedatangan produk terbaru Suzuki yang pernah dipamerkan pada Tokyo Motor Show akhir tahun lalu. Pasalnya, Suzuki masih merahasiakan peluncuran moge yang diproduksi tahun 2008 ini. Taksiran harga Hayabusa ini sekitar Rp. 321 juta off the road.