16 July 2008

Happy Ending, Ferrari Memaafkan McLaren

Mungkin, ini minggu yang menggembirakan bagi Tim Formula Satu McLaren Mercedes. Seperti yang diberitakan Reuters awal pekan ini, Tim F1 McLaren Mercedes bisa bernafas lega, setelah Ferrari akhirnya mencabut tuntutan hukum atas McLaren dalam kasus spionase data mobil Ferrari yang terjadi pada tahun 2007. Ferrari, tim berlogo Kuda Jingkrak itu, bisa menerima permintaan maaf McLaren atas kasus pencurian data tersebut.

Dan, lagi pula Federation International Automobile (FIA) sudah menghukum McLaren membayar kompensasi US$ 100 juta kepada Ferrari pada tahun lalu. FIA juga menghapus seluruh poin konstruktor McLaren. Dalam pernyataan resminya Ferrari menulis, bahwa FIA sudah menghukum McLaren. Dengan begitu, Ferrari menghentikan kontroversi yang melibatkan kedua tim. Rencananya, Ferrari akan menyumbangkan uang kompensasi ke yayasan amal.

Kendata memaafkan McLaren, Ferrari tetap menuntut bekas karyawan yang mencuri data mobil Ferrari, Nigel Stepney. Kasus ini terungkap setelah eks Kepala Desain McLaren Mike Coughlan menyimpan informasi mobil Ferrari dari Stepney.