08 July 2008

Mulai Juli 2008, Microsoft Menghentikan Penjualan Windows XP

Ini perlu dicatat, terhitung sejak akhir Juni 2008, secara resmi Microsoft Corp menghentikan penjualan sistem operasi Windows XP, baik secara eceran maupun partai besar, kepada para produsen komputer. Microsoft tetap melaksanakan keputusan itu meskipun mendapat protes dari para pengguna komputer yang tak mau dipaksa memakai penerus Windows XP, yakni Windows Vista.

Tapi, Microsoft masih mengizinkan took-toko komputer kecil untuk membeli XP dan menjualnya kepada konsumen hingga akhir Januari 2009. Selain itu, Windows XP juga masih tersedia untuk komputer murah seperti Asus Eee PC.

Dalam situs resminya,
www.microsoft.com, Microsoft menjelaskan, mereka telah merencanakan umur suatu produk sedemikian rupa, muali saat peluncuran hingga memasuki masa pensiun. Seperti dalam release dari Manajemen Microsoft, ditulis bahwa Microsoft melakukan hal tersebut untuk memastikan konsumen memperoleh pengalaman lebih dalam memakai komputer.

Microsoft juga mengaku sudah membicarakan keputusan itu dengan konsumen dan mitra industri selama setahun lebih. Dan saat ini, adalah saat yang paling tepat. Dalam pernyataan itu, Microsoft juga meyakinkan para konsumennya agar tak khawatir. Sebab, Microsoft dan beberapa mitra utamanya akan tetap memberikan layanan teknis kepada pemakai Windows XP.

Ada dua jenis layanan yang tersedia untuk para konsumen XP. Pertama, layanan utama. Maksudnya, Microsoft tetap menerima komplain, memperbarui fitur keamanan secara gratis, dan memperbaiki kerusakan system karena virus. Layanan ini akan tetap tersedia hingga April 2009.

Kedua, layanan tambahan. Layanan ini, misalnya meliputi pembaharuan fitur keamanan secara gratis. Konsumen juga dapat meminta layanan berdasarkan kasus yang mereka alami. Nah, layanan ini akan tetap tersedia hingga April 2014.

Namun, kelompok yang tergabung dalam petisi Penyelamat XP mengirimkan pesan kepada situs berita InfoWorld. Isinya, mereka menuntut agar Microsoft tetap menjual XP hingga system operasi yang baru Window 7 dirilis. Microsoft sendiri menyatakan Windows 7 akan keluar pada tahun 2009. Sayang, Microsoft tak menyebutkan waktu pastinya.

Catatan saja, Windows XP tetal dijajakan sejak 25 Oktober 2001. Hingga Januari 2006, lembaga riset IDC menghitung, sekitar 400 juta lebih salinan XP telah terjual di seluruh dunia. Dan mungkin, bias jadi termasuk anda. Begitu?