21 January 2010

Ternyata Beneran, Facebook WishList Membayarku $ 62,00 USD


Kegiatan rutin membuka email tiap pagi – khusus pada tanggal 21 Januari 2010 kemarin – agak sedikit beda. Karena dari sekian puluh email yang masuk, di folder PayPal-ku ada subyek yang agak mengejutkan. Subyek yang cukup panjang itu tertulis: PayPal Private Limited ROW Masspay baru saja mengirimi Anda $62,00 USD dengan PayPal. Dalam pikiranku, tumben-tumben Paypal bagi-bagi uang. Ada apa gerangan ?

Setelah email terbuka, barulah aku faham, ternyata itu uang hasil “main-main” di Facebook. Ini tersirat di catatan transaksi, yang terdapat penjelasan sebagai berikut: "You have got money! Thank you for participating in our Facebook WishList promotion. Your eligible earnings which comply with the terms and conditions of the campaign have now been deposited in your PayPal account.

Oh hiya, PayPal Private Limited ROW Masspay – yang mengirim uang ini – adalah pembeli Terverifikasi. PayPal Private Limited ROW Masspay telah menuntaskan proses Verifikasi PayPal untuk membantu mengkonfirmasi identitas mereka, dan mereka memiliki rekening bank terkonfirmasi, atau telah disetujui untuk mendapatkan Kartu Kredit PayPal Plus. Proses Verifikasi PayPal adalah tindakan keamanan untuk mengkonfirmasi bahwa seorang pengguna adalah pemilik rekening bank atau kartu kredit yang mereka gunakan di PayPal.

Yup.., ternyata Facebook WishList – yang kalau nggak salah dipromosikan di situs jejaring Facebook bulan Oktober 2009 – bukan program abal-abal atau bohongan. Padahal, waktu mengikuti program tersebut, ada pikiran jelek yang terlintas, masak sih PayPal “berani” membayar anggota Facebook yang jumlahnya ratusan juta tersebut dengan $ 1 USD untuk setiap “pengikut” yang didapat ? Ternyata memang benar, meski yang lolos verifikasi adalah mereka yang memang mempunyai account PayPal aktif, seperti aku ini (lho koq nyombong ya?).

Yang pasti, meski dari segi jumlah tidaklah banyak, sisi positif lain yang didapat dari program Facebook WishList ini adalah bahwa Facebook – sebagai situs pertemanan sekaligus jejaring sosial yang memuat program tersebut – nyatanya juga memberikan manfaat jika digunakan dengan baik. Lagipula, PayPal-ku sesekali perlu juga diisi dengan recehan – hasil program iseng-iseng seperti ini – biar nggak melulu dapat uang nulis review dan sebangsanya, hehehe…. (PS: Terima kasih banyak buat teman-teman Facebook-ku yang telah menjadi “pengikut” di program Facebook WishList, kalian juga dapat kiriman dari PayPal kan?).
***