04 Mei 2020

Simak, Ini Macam Dress Code yang Wajib Kita Tahu


Ketika menerima undangan sebuah acara – formal maupun non-formal – atau sebuah pesta, biasanya diterakan dress code yang harus dikenakan para undangan. Fungsi dari kode pakaian ini sebenarnya adalah untuk menyelaraskan tema acara dengan pakaian yang dikenakan undangan, dan juga meminimalisir terjadinya salah pakaian yang tidak sesuai dengan tema acara, sehingga membuat suasana tidak nyaman.

Memang, saat ini ada puluhan dress code atau kode berpakaian, tergantung dari tema pesta dan acara pihak pengundang.


Namun, kode berpakaian dengan standar internasional tidaklah sebanyak itu, dan sangat mudah untuk diikuti. Kuncinya adalah, hormatilah pihak pengundang dengan kedatangan Anda memakai pakaian sebagaimana kode berpakaian yang tertulis pada undangan.

Dikutip dari situs luxina id, berikut adalah lima kode berpakaian standar internasional, yang wajib untuk Anda patuhi saat memenuhi undangan. Kode berpakaian ini tidak akan membuat menjadi aneh ataupun berbeda dengan pria lain, karena di saat kode berpakaian dicantumkan pada undangan, kepatuhan tamulah yang diharapkan.

Dan bila Anda berada di lingkungan bersama orang-orang yang mematuhi kode berpakain, suasana acara atau pesta terasa lebih kental.

1.      Dress code : Casual
Artinya Anda bisa berpakaian santai. Bukan santai seperti di pantai atau dirumah alias pakaian tidur. Kemeja atau polo shirt putih berlengan pendek atau kemeja madras dengan motif  kotak-kotak merupakan atasan yang aman. Pasangakan dengan celana jeans biru tua atau celana khakis yang berukuran pas di kaki, bukan celana ketat atau skinnie pants. Loafers atau sneakers slip on adalah sepatu yang tepat untuk busana ini. Jangan kenakan sepatu lari.

2.      Dress code : Smart Casual
Kode berpakaian ini sangat mudah dipatuhi. Anda tinggal menambahkan sport jacket (blazer sport) atau blazer pada pakaian poin pertama diatas. Namun ingat, warna jaket sebaiknya bukan warna hitam. Sebagai dalaman Anda bisa merubahnya dengan t-shirt putih atau kemeja kotak-kotak yang ukuran tidak terlalu besar. Semakin besar ukuran kotak pada kemeja, semakin kasual pakaian yang Anda pakai, begitu juga sebaliknya.

3.      Dress code : Business Attire
Biasanya kode berpakaian ini untuk acara yang diadakan setelah jam kantor, untuk memudahkan tamu tidak lagi berganti pakaian secara total. Selain itu acara yang berlangsung biasanya juga berhubungan dengan jejaring kerja dan bisnis. Anda wajib memakai stelan jas dan kemeja putih atau biru muda. Dengan atau tanpa dasi, tidak di wajibkan, namun bila Anda menduduki jabatan tertentu sebaiknya dasi wajib dikenakan.

Pilih stelan jas dengan warna biru tua (navy blue), abu-abu atau biru tua dengan garis tipis. Sepatu formal seperti pantofel dengan model loafers atau oxford adalah sepatu yang sesuai dengan pakaian ini. Hindari sepatu dengan velcro.

4.      Dress code : Semi Formal
Kode berpakaian ini terdiri dari stelan jas berwarna gelap seperti hitam atau biru tua. Kemeja putih (harus putih) dasi berwarna kontras cenderung gelap seperti merah tua, biru tua, stripes atau motif yang tidak terlalu serius. Sepatu pantofel berwarna coklat tua atau hitam merupakan pasangan yang tepat dengan kaos kaki yang juga berwarna gelap. Kenakan sapu tangan (pocket square) pada kantong jas Anda sebagai pemanis dengan warna yang mendekati warna dasi.

5.      Dress code : Formal/ Black Tie
Anda harus memakai stelan jas yang bernama Tuxedo untuk acara ini. Yang mana pakaian ini terdiri dari stelan tuxedo, kemeja tuxedo dan dasi kupu-kupu atau bow tie, kemudian kenakan ban pinggang yang bernama Cummerbund. Ke empat elemen tersebut adalah wajib dan tidak bisa ditawar. Tambahkan sapu tangan (pocket square) warna putih dikantong jas Anda dan sepatu pantofel dengan material patent leather yang mengilap berwarna hitam serta jangan lupa kaos kaki berwarna hitam juga.

Perbedaan tuxedo dengan stelan jas biasa terletak pada bentuk kerah jas (lapel), biasanya kerah tuxedo berbahan lebih licin dan mengilap, sementara pada celana terkadang terdapat garis (lining) pada bagian samping kiri kanan.

Nah, dari paparan seputra code pakaian diatas, apakah Anda sudah mengetahui sebelumnya? Atau, jangan-jangan Anda pernah salah kostum dalam sebuah acara, hanya gara-gara salah mengartikan dress code? Bisa kita sharing disini!