17 July 2011

Mi Yamien 88 Cijantung, Enaknya Sampai Ke Jantung

Mi Yamin memang tidak sepopuler mi ayam. Namun, santapan satu ini mulai banyak disukai orang karena citarasa yang berbeda. Nah, Anda ingin mencicipi mi yamin yang enak? Singgah saja ke Kedai Yamien 88 Cijantung di Cijantung, Jakarta Timur.

Kalau Anda hobi menyantap mi ayam, tak ada salahnya mencoba kenikmatan mi yamin. Kedua masakan ini boleh dibilang serupa namun tak sama. Bedanya, mi ayam disajikan dengan kuah, sementara mi yamin dihidangkan tanpa kuah alias kering. Mi yang dihidangkan pun sudah bercampur dengan berbagai bumbu yang ada.


Nah, salah satu kedai yang menyajikan menu mi yamin yang enak adalah Yamien 88 Cijantung yang berada di daerah Cijantung, Jakarta Timur. Tak sulit menemukan kedai ini. Dari mal Cijantung, Anda hanya perlu menyusuri jalan di kompleks Kopassus. Setelah itu, Anda akan menemukan kios Puskopad di sisi kiri jalan. Nah, kedai Yamin 88 Cijantung berada di ujung kios tersebut.

Disebut Yamien 88 Cijantung karena kedai milik Yohanes Magbie ini awalnya berdiri di dekat SMA Negeri 88 Jakarta, sejak 1997. Kedai ini sudah beranak menjadi delapan gerai.

Dari delapan cabang tersebut, cabang ketiga yang berada di Puskopad inilah yang menjadi kedai pusat. Kedai di Cijantung yang berdiri sejak tahun 2004 ini memang lebih luas ketimbang kedai yang pertama kali didirikan oleh Yohanes. Kapasitasnya mencapai sekitar 120 pengunjung.

Kedai Yamien 88 Cijantung sebenarnya sederhana saja. Tak ada kesan mewah yang bisa Anda rasakan ketika menginjakkan kaki di ruangan kedai tersebut. Tapi, meski sederhana, kedai ini sanggup menyedot sekitar 400-500 pengunjung tiap hari. “Kalau sedang ramai, pengunjung bisa mencapai seribu orang dalam sehari,” ujar Yohanes.

Bumbu sama, tapi komposisinya rahasia

Memang, mi yamin racikan Yohanes sudah kondang di seantero Jakarta. Dia berhasil menghadirkan cita rasa yang berbeda dari mi yamin racikan pedagang lain. Umumnya, cita rasa mi yamin didominasi oleh rasa manis yang berasal dari kecap. Namun, Yohanes justru menghadirkan cita rasa pedas.

Salah satu menu andalan Yohanes adalah mi yamin bakso pangsit. Ada beberapa pilihan rasa yang bisa Anda pesan. Ada rasa pedas, pedas sedang, pedas manis, tidak pedas, dan rasa manis. Namun, citarasa standar yang ditawarkan oleh Yohanes adalah mi yamin rasa pedas sedang.

Mi yamin rasa pedas sedang alias citarasa standar tersebut tampak berwarna kuning kemerahan. Di atasnya, tampak beberapa aksesori yang menghias sekaligus bakal menambah kenikmatan mi yamin tersebut, yaitu potongan ayam, sawi, daun bawang, dan taoge. Tak lupa, dua potong pangsit goreng yang bakal menambah selera makan Anda.

Tak perlu basa-basi lagi. Langsung saja menyikat mi yamin yang sudah terhidang. Rasa pedas bercampur rasa gurih dan sedikit asam bakal menerjang mulut anda. Rasa pedasnya pas di lidah. Tidak terlalu pedas yang membuat lidah seperti terbakar. Rasa pedas mi ini justru membuat selera makan jadi kian tergugah.

Rasa nikmat itu bakal semakin terasa dengan kesegaran dari sayuran yang ada. Apalagi ditambah dengan pangsit isi daging ayam yang lembut dan gurih. Dan, kenikmatan makin lengkap dengan selingan bakso kuah yang segar dan mantap.

Menurut Yohanes, dari segi bumbu dasar, sebenarnya tidak ada yang istimewa dari mi yamin racikannya. Bumbunya menggunakan bumbu mi biasa, seperti gula, garam, cuka, merica, cabai, dan bawang putih. Cuma, komposisi bumbu itu harus pas sehingga menghasilkan sajian yang nikmat dan lezat. “Komposisi bumbu itulah yang menjadi rahasia kami,” ujar Yohanes.

Nah, kalau tak terlalu suka rasa pedas, Anda bisa memesan mi yamin rasa pedas manis. Dengan warna kuning kecokelatan, rasa manis mi yamin ini tak bakal membikin eneg. Rasa manisnya pas di lidah dengan sedikit sensasi rasa pedas.

Untuk memperoleh seporsi mi yamin itu, Anda cukup mengeluarkan duit dari dompet Rp 6.000 saja. Kalau ingin pesan mi yamin bakso atau mi yamin pangsit, harganya juga tak mahal, hanya Rp 8.500. Sedangkan untuk mi yamin dengan gabungan bakso dan pangsit harganya juga cuma Rp 11.500.

Selain mi yamin, Anda juga bisa memesan beragam menu lain, seperti mi ayam, kwetiau, dan bakso kuah. Ada juga menu kweemien, yakni kwetiau yang diracik ala yamin.

Untuk minuman, di kedai ini tersedia minuman panas atau dingin. Yang menjadi andalan Yohanes untuk racikan minuman adalah es buah selasih yang berisi buah selasih ditambah potongan melon dan pepaya. Kuahnya terbuat dari sirop leci. Harganya cukup Rp 5.000.

Oh, iya, selain mi, kedai ini juga menawarkan berbagai hidangan seafood, seperti aneka masakan kerang,kepiting, dan udang. Tentu saja, sajian tersebut juga layak Anda coba. Kalau penasaran, ini alamat lengkapnya :
Yamien 88 Cijantung
Jalan R.A. Fadillah
Kios Puskopad B.C 8 Kompleks Kopassus, Cijantung, Jakarta
Telp. (021) 32618801
***
sumber: http://lifestyle.kontan.co.id