23 July 2011

TIPS: Cara Sehat Makan Junk Food


Siang ini berencana makan junk food? Makanan berkalori dan berlemak tinggi ini banyak digemari orang. Karena rasanya yang gurih, renyah dan enak. Di balik ancaman resiko terkena obesitas, junk food masih bisa disiasati agar tetap bernutrisi dan sehat.

Makanan siap saji memang menawarkan menu yang sangat menggugah selera. Rasa gurih enak dan praktis membuat orang menyukai menu junk food. Makanan ini tak perlu dihindari, sekali-sekali bisa tetap Anda nikmati. Ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menyiasati agar junk food tetap jadi sehat dan enak.

Salad
Sebagian besar restoran cepat saji menawarkan menu lain selain burger dan kentang goreng. Ada pilihan menu dengan campuran sayuran yang bisa menjadi pilihan sehat. Misalnya garden salad, coleslaw atau burger dengan selipan sayuran segar. Menu ini bisa Anda pilih karena berbahan segar.

Saus Pelengkap
Jika memesan burger, usahakan untuk menghindari atau mengurangi keju, saus tomat, mayonise dan mustard serta mentega. Karena jenis produk ini akan menambah kalori ekstra. Pilihlah tambahan selada atau tomat untuk menambah kubutuhan nutrisi pada tubuh.

Coba tempat baru
Makan junkfood hampir setiap hari? Cobalah untuk beberapa hari mencoba menu berbeda di beberapa gerai makanan lainnya. Pasti Anda akan menemukan tempat makan yang lebih enak dan juga lebih sehat.

Produk biji-bijian
Kini banyak restoran siap saji yang menawarkan produk olahan dari biji-bijian. Misalnya roti gandum, atau muffin gandum. Ini bisa jadi salah satu pilihan tepat sebagai makanan sehat.

Panggang
Hindari memesan makanan yang digoreng, karena identik dengan lemak, dan kalori serta jumlah minyak yang banyak. Pilihlah menu yang dipanggang, seperti sandwich ayam panggang, tanpa mayo, keju dan daging asap. Selain berprotein juga tetap sehat.

Dessert
Terbiasa selalu pesan menu penutup seperti brownies atau es krim? Untuk menghindari jumlah kalori yang tak diperlukan, pilihlah es krim dengan porsi kecil atau brownies polos dengan tambahan irisan buah segar.
***
sumber: detikfood.com