10 April 2020

Rahasia Berhenti Merokok Tanpa Susah Payah


Tak dapat dipungkiri, merokok adalah salah satu ancaman berbahaya bagi kesehatan, yang sangat mungkin mengakibatkan kematian. Tidak sedikit himbauan – bahkan larangan – yang disampaikan pemerintah secara langsung maupun melalui institusi kesehatan, agar masyarakat segera menghentikan kebiasaan merokok. 

Karena selain berbahaya bagi kesehatan diri perokok, juga bisa membahayakan orang di sekelilingnya.


Bahkan, dalam kemasan bungkus rokok yang beredar di pasaran dalam negeri, juga sudah jelas dituliskan jenis penyakit apa saja – disertakan juga gambarnya – yang disebabkan oleh rokok, yang ujungnya adalah kematian.


Selain kanker, gangguan pernafasan, kerusakan paru-paru dan gangguan janin saat kehamilan pada perempuan, merokok juga dapat menyebabkan rambut rontok, katarak, jantung, juga noda pada gigi.

Dalam tulisan kali ini, saya tak hendak ikut-ikutan menghimbau – apalagi melarang – merokok pada para pembaca yang kebetulan seorang perokok. Tetapi hanya sekedar berbagi dan menyampaikan informasi, bagaimana cara menghilangkan dan berhenti sama sekali kebiasaan merokok yang bisa dilakukan dengan mudah. Atau, setidaknya cara ini dijamin cukup ampuh untuk mengatasi nafsu dan keinginan untuk merokok lagi.

Agar lebih mudah dipahami, faktor-faktor yang bisa dilakukan dalam proses dimaksud akan saya bagi dalam 2 (dua) kelompok, yaitu internal (dari diri sendiri) dan ekternal (menggunakan bahan) -- dengan sebagian data referensi saya kutip dari media online wartamedika dot com dan halosehsat dot com – yang rinciannya sebagai berikut:

Faktor Internal

1.      Punya Niat Kuat
Ini sangat penting, hal utama yang diperlukan untuk mewujudkan keinginan berhenti merokok adalah niat dan keinginan kuat dari diri sendiri, yang muncul dari dalam hati. Karena kalau modal ini dipunyai, akan mudah untuk menjalani lngkah berikutnya.

2.     Punya Target Jelas
Artinya, untuk berhenti merokok tentu tidak dapat seketika dilakukan secara tiba-tiba. Harus ada target, misalnya sehari biasa menghabiskan 10 batang, maka untuk selanjutnya perlu dikurangi menjadi 8 batang per hari, yang dilakukan dalam 1 minggu. Untuk minggu berikutnya, dikurangi 2 batang lagi, begitu seterusnya.

3.     Dukungan Orang Dekat
Meski sudah punya niat, tekad dan target yang jelas, dukungan dari orang-orang terdekat – pacar, istri, anak-anak, keluarga, teman atau atasan sekalipun – sangat diperlukan. Setidaknya, bisa mengawasi dan mengingatkan akan program yang sedang dijalankan, sekalipus sebagai penyemangat.

4.     Punya Aktivitas Lain
Yang dimaksud aktivitas lain adalah kesibukan yang bisa membantu melupakan keinginan untuk merokok yang datang dengan kuat. Misalnya, melakukan olahraga outdoor, fitness, membaca buku di perpustakaan, atau hal lain yang tidak memungkinkan untuk bisa merokok.

5.     Cari Suasana Baru
Ini juga ampuh untuk melupakan keinginan merokok yang kuat. Misalnya dengan berkumpul dengan teman atau orang-orang yang tidak merokok, atau mengunjungi tempat yang masuk area bebas asap rokok, seperti taman atau fasilitas publik yang tidak memungkinkan melakukan aktivitas merokok.

Faktor Eksternal

1.      Mengkonsumsi Outmeal
Outmeal adalah bahan yang dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok. Caranya, ambil 1 sendok makan outmeal bubuk dan campurkan dengan 2 cangkir air mendidih. Diamkan semalaman, kemudian rebus pada pagi hari selama 10 menit. Minum setiap setelah makan, dan hindari dikonsumsi pada malam hari. Outs dapat membantu mengeluarkan racun pada tubuh dan menurunkan keinginan untuk merokok.

2.     Mengkonsumsi Cabe Rawit
Perlu diketahui, Cabe Rawit (Cayenne pepper) adalah salah satu bahan alami untuk menghentikan kebiasaan merokok. Caranya, campurkan cabe rawit pada makanan atau dengan segelas air. Cabe rawit membantu menurunkan sensitivitas sistem pernafasan terhadap zat adiktif, seperti tembakau dan nikotin. Cabe rawit juga dapat menurunkan rasa ingin merokok.

3.     Mengkonsumsi Jahe
Salah satu gejala umum sakau nikotin adalah mual, yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi jus jahe. Caranya, tambahkan 1 sendok teh jahe bubuk pada makan pagi untuk mengurangi keinginan merokok. Jahe adalah bahan yang efektif untuk mencegah produksi dopamin, salah satu komponen utama yang terdapat pada nikotin.

4.     Mengkonsumsi Air
Tahukah Anda, mengkonsumsi dan minum banyak air adalah solusi untuk mengatasi kebiasaan merokok. Air dapat membantu mendetoksifikasi tubuh. Kapanpun Anda merasa ingin merokok, minumlah segelas air. Hal ini bukan hanya menurunkan keinginan untuk merokok. Namun juga menurunkan kegaja sakau nikotin.

5.     Mengkonsumsi Bahan Lain
Tentu saja selain 4 bahan diatas, masih banyak bahan-bahan yang bisa dipergunakan sebagai bagian dari upaya mengurangi keinginan merokok. Sebut saja Lobella, Lobak, batang Licorice, ekstrak, biji anggur, tumbuhan St. John’s Wort, Hisop, Madu, dan juga multivitamin.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi keinginan merokok, yang pada akhirnya akan berhenti sama sekali dengan sendirinya. Dan kalau kita telaah lagi satu persatu cara tersebut diatas, rasanya tak ada yang sulit dan harus bersusah payah untuk menjalaninya, asalkan semua itu kita kerjakan dengan satu keinginan kuat untuk ‘berpisah’ dari rokok.

Satu hal yang bisa diambil intisari atau kesimpulan dari tulisan ini adalah: upaya apapun yang disarankan tidak akan ada gunanya, kalau tidak didasari dengan keinginan dan niat yang kuat dari diri sendiri. Jadi, semua berpulang pada diri kita sendiri!