28 April 2020

Tips Khusus untuk Liburan Di Musim Hujan


Akhir pekan selalu identik dengan refreshing dan suasana santai. Biasanya, bisa diisi dengan hangout ramai-ramai bersama teman, atau juga berlibur keluar kota bersama keluarga. Tetapi, di musim yang belum stabil saat ini – masih musim pancaroba, dari musim hujan menuju musim kemarau – bisa jadi akan mengganggu liburan, jika tidak disiapkan dengan seksama.

Minimal, ini bagian dari antisipasi jika tiba-tiba hujan turun, saat sedang asyik-asyiknya berada di area wisata misalnya.


Nah, berikut adalah tips jitu agar liburan tetap seru dan berjalan sesuai rencana, meski hujan mendadak turun. Setidaknya, kiat-kiat yang dilansir dari Harian Warta Kota (19/11/2017) ini bisa menjadi acuan dan panduan bagi Anda, yang akhir pekan ini bisa jadi punya rencana melakuan wisata bersama keluarga.

1.      Cek perkiraan cuaca
Ada baiknya mengecek perkiraan cuaca, paling tidak sehari sebelum berwisata. Selain bisa melakukan persiapan yang matang, Anda juga bisa merencanakan tempat wisata yang tepat. Prakiraan cuaca bisa dicek di website resmi BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) ataupun siaran perkiraan cuaca di televisi.

2.      Sedia payung dan jas hujan
Seperti kata peribahasa ‘Sedia Payung Sebelum Hujan’, tidak ada salahnya jika Anda berjaga-jaga sebelum musibah datang. Ada baiknya jika selalu sedia payung di tas sebelum hujan melanda. Selain bisa dipakai untuk mencegah kehujanan, payung juga bisa dipakai untuk mencegah sinar matahari yang menyengat kulit saat panas terik menghadang. Anda juga bisa membawa jas hujan sebagai alternatif pengganti payung.

3.      Persiapkan Pakaian
Pada musim hujan, suhu cenderung lebih dingin. Persiapkan pakaian yang dapat membuat hangat seperti jaket tebal ataupun sweater. Persiapkan juga baju ganti sebagai alternatif jika kehujanan. Ada baiknya jika selalu menyediakan sandal karena pemakaian sandal sangat disarankan di musim hujan. Satu hal terpenting, jangan lupa sediakan kantong plastik di tas untuk menampung semua baju-baju basah.

4.      Mencari tujuan alternatif
Destinasi berlibur ke pulau ataupun ke gunung bisa dipertimbangkan kembali jika masih musim penghujan. Trek perjalanan yang licin saat mendaki dan suasana dingin saat berenang di pantai tentu mengurangi kenikmatan waktu berlibur. Tak perlu khawatir karena Anda bisa merencanakan kembali liburan ke spot destinasi wisata indoor seperti pusat perbelanjaan ataupun museum sebagi destinasi alternatif.

5.      Wisata kuliner penghangat badan
Berwisata kuliner ke restoran atau gerai makanan di daerah setempat juga menjadi alternatif tempat untuk menghabiskan waktu berlibur. Kuliner berkuah yang panas rasanya menjadi santapan yang pas untuk menemani Anda. Tentu, kuah makanan yang panas bisa menghangatkan tubuh pada musim hujan. Di setiap daerah biasanya menyediakan gerai hidangan berkuah yang siap mengisi perut saat musim hujan. Mulai dari bakso kuah, varian soto sampai minuman-minuman penghangat seperti jahe, siap menemani santapan dan tentunya menghangatkan badan.

6.      Menjaga kondisi
Dengan stamina yang maksimal, tentu perjalanan Anda tidak akan terhambat. Minum vitamin sebelum berwisata bisa menjadi pilihan baik untuk menjaga stamina selama perjalanan. Mengurangi minuman-minuman dingin juga bisa membantu menjaga stamina Anda. Perbanyak mengkonsumsi air putih serta minuman hangat seperti jahe.

Memang, masih ada hal lain yang bisa membuat liburan makin nyaman, selain 6 hal tersebut diatas. Tetapi, dengan memperhatikan – sekaligus mengikuti tips ini – setidaknya suasana liburan di musim (yang masih) hujan ini akan tetap mengasyikkan.

Selamat menikmati libur akhir pekan, untuk Anda semua!