10 June 2008

Kota Metropolitan Terkotor 2008 : Bandung..!

Minggu pertama Juni 2008, Presiden memberikan anugerah Adipura kepada 94 kota yang bersih di Indonesia. Hasil tersebut keluar setelah Kementerian Negara Lingkungan Hidup menilai 375 kota berbagai kategori, dari kategori kota kecil, kota besar hingga kota metropolitan.

Selain memberikan penghargaan Adipura, Kementerian Negara Lingkungan Hidup juga memberikan predikat kota terkotor di berbagai kategori. Untuk tahun ini, Kota Bandung mendapat peringkat pertama terkotor untuk kategori kota metropolitan. Selengkapnya :
Kota Terkotor untuk Kategori Kota Metropolitan :
1. Bandung (Jawa Barat)
2. Medan (Sumatera Utara)
3. Bekasi (Jawa Barat)

Namun ada pengecualian untuk Bekasi. Kendati masuk 3 besar kota metropolitan terkotor, Pemerintah Kota Bekasi tercatat paling stabil mengirimkan Laporan Status Lingkungan Hidup (SLHD). Inilah yang membuat Kementerian Negara Lingkungan Hidup tetap memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota Bekasi.

Untuk kategori kota besar, Kota Surakarta (biasa juga disebut Kota Solo) di Jawa Tengah tercatat sebagai kota terkotor tahun 2008. Ini sungguh ironis, karena selama bertahun-tahun, Solo berpredikat sebagai kota Adipura. Selengkapnya :
Kota Terkotor untuk Kategori Kota Besar :
1. Kota Solo (Jawa Tengah)
2. Kota Samarinda (Kalimantan Timur)
3. Kota Tangerang (Banten)

Boleh jadi, penduduk di kota kota berpredikat terkotor itu sebal dengan predikat tersebut. Sisi positifnya, Kementerian Lingkungan Hidup bermaksud untuk memacu warga dan pemerintah kota untuk memperbaiki lingkungannya. Jadi, jangan marah-marah dulu ya (kalo kotanya mendapat predikat terkotor) !