11 June 2008

Sisa Saham Telkomsel Siap Diambil Telkom

Peraturan mengenai persaingan usaha membuat Temasek Holdings yang memiliki saham di PT. Indosat Tbk dan PT. Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) harus merelakan salah satu perusahaan itu. Nah, jika kelak Temasek memilih menjual Telkomsel, Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Sofyan Djalil mendorong PT. Telkom Tbk (TLKM) membeli saham itu.

Saat ini, Telkom telah memiliki 65% saham Telkomsel. Pemerintah mendukung Telkom untuk membeli. Dengan demikian, mereka bisa punya 100% saham Telkomsel, terang Sofyan. Sementara, jika Temasek ternyata menjual Indosat, Telkom tidak boleh membeli. Karena, hal itu akan melanggar peraturan persaingan usaha.

Perkataan Sofyan itu sejalan dengan niat Telkom. Menurut Vice President Public and Marketing Communication Telkom, Eddy Kurnia, Telkom telah melayangkan surat ke Mahkamah Agung agar mereka memperhatikan hak Telkom untuk membeli (first right of refusal) 35% saham Telkomsel milik Temasek jika Temasek berniat menjualnya. Telkom sebagai pemegang saham mayoritas tentu memiliki hak itu.