11 July 2008

Siap-siap, Hari Ini Pemadaman (Bergilir) Dimulai

Kalau anda berdomisili di wilayah Jakarta dan sekitarnya, bersiaplah mendapat giliran pemadaman listrik. Mulai hari ini – Jum’at, 11 Juli 2008 – PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (Disjaya) akan memadamkan 100 gardu penyuluh di 14 gardu induk. Sejumlah daerah seperti Cengkareng, Kebun Jeruk, Senayan, Muara Karang, Bintaro, Duri Kosambi, Kemang, Grogol, Tanah Abang, Palmerah, Permata Hijau, dan Tangerang mendapat giliran pertama pemadaman.

Juru bicara PLN Disjaya, Azwar Lubis mengatakan, pemadaman di hari pertama ini hanya 3% dari kapasitas total. ini masih sebagian kecil saja dari wilayah Jakarta, jadi masyarakat tidak perlu panik.

Azwar juga mengulang janji, PLN tidak akan melakukan pemadaman untuk tempat layanan publik seperti terminal, rumah sakit, stasiun, dan alat transportasi publik kereta listrik (KRL). PLN Disjaya memiliki 34 gardu induk, 4.000 gardu distribusi, dan ribuan gardu penyuluh. Di hari pertama ini ada sekitar 100 gardu penyuluh yang padam. Pemadaman dilakukan dua kali, pukul 08.00 sampai 15.00 dan 15.00 sampai 22.00 wib.

Menghadapi pemadaman inni Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai mengamankan sistem jaringan layanan online administrasi penerimaan daerah. Soalnya, seperti dijelaskan Muhayat, Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta, Pemprov DKI tidak mau sistem penerimaan daerah terganggu. Ini juga menghindari potensi kehilangan pendapatan daerah.

Sementara itu, PLN rencananya akan melakukan pemadaman bergilir di wilayah Jakarta dan sekitarnya, mulai 11 Juli hingga 25 Juli 2008. Pemadaman tersebut dilakukan lantaran PLN Disjaya mengalami defisit listrik 150 Megawatt.