12 July 2008

Dior dan Louis Vuitton Palsu (masih) Ada di eBay

Ini berita tentang situs lelang online eBay, yang dirilis Bloomberg minggu lalu. Yaitu, upaya situs lelang terbesar dunia, eBay Inc, memerangi pemalsuan ternyata belum membuahkan hasil. Bulan ini saja, eBay menghadapi dua protes dari dua produsen besar, yakni LVMH Moet Hennessy Louis Vuitton SA dan Hermes International SA. Kedua produsen produk mewah itu menuntut eBay mengambil langkah cepat untuk menghentikan penjualan barang-barang palsu mereka di situs lelang online tersebut.

LVMH mengklaim, sekitar 90% parfum, jam tangan, dan tas tangan Dior dan Louis Vuitton yang terjual di situs eBay sepanjang 2006 adalah barang palsu. Akibatnya, LVMH menderita kerugian senilai 37 juta euro atau US$ 58 juta. Menurut pengacara LVMH, Didier Malka, sebuah situs harus memberikan informasi yang benar tentang produk-produk yang ditawarkan.

Manajemen eBay sendiri mengaku sudah mengeluarkan dana sekitar US$ 20 juta per tahun untuk program Kepercayaan dan Keamanan konsumen. Mereka juga memiliki sekitar 2.000 karyawan yang tersebar di seluruh dunia untuk mengurangi pemalsuan. Seperti diungkapkan Sravanthi Agrawal, jurubicara eBay, dengan upaya yang sudah dilakukan eBay diharapkan hakim di pengadilan mempertimbangkan usaha eBay dalam memerangi pemalsuan.