11 Agustus 2008

Mengintip Resep nge-Blog ala Lee Odden

Seorang teman yang sama sama tergabung dalam sebuah milist komunitas, tadi malam mengirim email yang intinya “mengingatkan” agar blog yang aku buat jangan hanya dinikmati sendiri (hehehe… padahal memang bener!). Kalau bisa – begitu dia memberi saran – sering-seringlah berkunjung dan menyapa blogger lain, daftarkan blog ke direktori yang banyak tersedia, dan seterusnya, dan seterusnya. Ada benarnya, dan memang begitulah yang sering aku baca dari beberapa tulisan master blog Indonesia.

Pas cari-cari blog directory di Google, ada tulisan yang menarik perhatianku, judulnya: 97 Blog Directories. Menarik, karena ditulis tanggal 9 April (tanggal lahirku, ehem..) oleh Lee Odden, di Online Marketing Blog. Begitu aku klik, yaaaa… isinya tak beda jauh dari tutorial dan jurus-jurus yang disarankan blogger lokal. Yang harus daftar ke Technorati-lah, daftar ke Google Blog Search, atau juga daftar ke direktori RSS feeds yang relevan.

Memang sih, yang ditulis Odden sangat bagus bagi blogger pemula seperti aku, karena kalau ingin maju ya konsekuensinya memang harus mau belajar, mau mengakui kekurangan, dan mau “mencontoh” yang baik. Meski, Odden sendiri mengakui bahwa tidak semua yang disarankan secara efektif berhasil bagi yang menerapkannya. Berikut cuplikan tulisan Odden yang dimuat di Top Rank Online Marketing tersebut:

One of the resources we often use when promoting blogs and RSS feeds is directory submissions. There are many kinds of directories to submit blogs to. There are blog-specific directories like Technorati and Best of the Web blog directory. There are also RSS specific directories and search engines like Feedster. Google blog search is a RSS search engine, but you cannot submit the blog directly. You can however, ping Google blog search, but pinging is only relevant for RSS feeds.
Besides blog and RSS specific search engines and directories can also submit blogs to regular directories that have categories for blogs, such as Yahoo.
We’ve recently published a list of just under 100 RSS and Blog Directories along with the submission urls for anyone that wants a jump start on promoting their blog. Some are great for links such as from Answers.com, some are not so great, so you can make your own decision about which to submit your blog to.
Sengaja tulisan Lee Odden tidak aku terjemahkan -- dan memang aku kurang mahir, hehehe... -- supaya tidak salah mempersepsi sebuah tulisan. Paling tidak, kalau Om Odden baca, pasti bisa memakluminya. Begitu kan, Om ?

AddThis Feed Button