18 December 2008

Andi Bachtiar Yusuf Memang Jeli Membidik Pasar

Pemenang Festival Film Indonesia (FFI) tahun 2008 sudah diumumkan tanggal 12 Desember 2008 kemarin, di Bandung. Yang menarik, pemenang kategori Film Dokumenter Terbaik adalah The Conductors, arahan sutradara Andi Bachtiar Yusuf.

Menarik, sebab sutradara muda yang biasa dipanggil Ucup ini menyajikan film dengan tokoh yang tidak biasa, yaitu seorang dirijen suporter sepakbola – Yuli Sumpil – yang disandingkan dengan konduktor musik Addie MS (Twilite Orchestra) dan konduktor paduan suara Universitas Indonesia, AG Sudibyo. Sisi lain dari ketiga tokoh (yang sama-sama berstatus konduktor) ditampilkan dalam film yang digarap Ucup awal 2008 ini, mampu memberikan warna tersendiri bagi siapapun yang melihatnya.

Aku tidak akan membahas film secara detail (apalagi teknis), karena memang itu bukan bagianku. Tetapi, sebagai bagian dari Aremania – kelompok suporter klub Arema Malang – aku mengacungkan jempol untuk Ucup, yang dengan jitu memilih Aremania sebagai subjek. Aremania adalah kelompok supporter pertama di Indonesia yang mendapat gelar resmi “terbaik” dari badan sepakbola Indonesia. Selain itu, Aremania juga sukses menularkan virus atraktif dan kreatif di stadion bagi kelompok supporter lainnya.

Terlepas film The Conductors memang berkualitas (terbukti menyabet Special Mention Award di Pusan International Film Festival 2008), dengan pilihan salah satu “tokoh” Aremania dijadikan sosok sentral, tentu mau ndak mau Aremania yang berjumlah puluhan ribu akan antusias menyambut kehadiran film ini. Dan ini, tentu sebuah “pasar” yang cukup besar bagi sebuah film indie (buktinya, aku bela-belain pesan DVD aslinya The Conductors dari Malang, hanya karena ingin menonton pesona Yuli dan Aremania beraksi di film-nya Ucup). Mungkin, ini sebagai imbalan bagi Ucup, yang film documenter pertamanya – The Jak – kurang begitu gemanya.

Bisa jadi, untuk mengulangi kesuksesan The Conductors, Ucup sudah ancang-ancang menyiapkan film documenter ke-3 nya yang berjudul Romeo & Juliet, dengan setting masih dari dunia (suporter) sepakbola. Dari bocoran yang pernah aku baca, film ini menceritakan kisah percintaan supporter JakMania (Persija) dengan suporter Persib Bandung, The Viking (aduuuh..Kang Ucup, mohon maaf kalo salah ya, hehehe….).

Yang pasti, selamat untuk Andi Bachtiar Yusuf – yang pernah juga aku lihat beberapa kali jadi komentator pertandingan sepakbola di televisi – atas penghargaan yang diterima, selamat untuk Aremania yang sudah total membantu suksesnya film The Conductors, dan selamat menunggu film Ucup selanjutnya (kalau memang jadi dibuat) !

AddThis Feed Button