04 February 2010

Facebook Menyediakan Antivirus Gratis untuk Penggunanya

Namanya juga masih gaptek – yang ini katanya kependekan dari Gagap Teknologi – aku pikir selama ini kalau buka jejaring sosial semacam Facebook itu ya aman-aman saja, tidak kena serangan virus dan sebangsanya. Ternyata dugaanku tersebut salah. Iseng-iseng saat baca di Softpedia, Facebook sekarang menawarkan antivirus kepada semua penggunanya, dalam upaya menghambat penyebaran malware atau software jahat di layanan jejaring sosial tersebut.

Cuma, seperti apa-apa yang sifatnya gratisan pada umumnya, masa berlaku antivirus ini juga tidak selamanya gratis, karena hanya bisa diunduh dan digunakan selama 6 bulan pertama saja. Dan antivirus yang ditawarkan adalah McAfee Internet Security, yang bisa didownload langsung melalui halaman fans McAfee di Facebook. Cara nyarinya gampang koq, tinggal memasukkan kata kunci McAfee di kolom cari teman, pasti nanti akan muncul McAfee yang kita cari ini.

Nah, setelah menjadi Fan McAfee, kita bisa melihat link download yang ditampilkan di halaman McAffe tersebut. Terhitung sejak mendownload – dan menjalankan aplikasi – sampai 6 bulan berikutnya, masih dihitung gratis. Setelah itu, tentu sudah tidak gratis lagi. Tapi, karena sebelumnya sudah menggunakan versi gratisannya, Mc Afee akan menawarkan perpanjangan langganan dengan harga discount, yang tentu lebih murah dari pengguna biasa.

Oh hiya, cara kerja aplikasi ini memang telah dirancang khusus untuk melakukan verifikasi terhadap semua account Facebook agar selalu terhindar dari penyusupan malware. Jadi, seandainya computer si empunya account Facebook terinfeksi suatu virus, maka secara otomatis McAfee minta segera dilakukan scan, dan membersihkan sebelum mengakses Facebook

Nah, mumpung masih gratis, kenapa anda – kalau memang punya account Facebook – tidak mencobanya ?
***
sumber foto: squidoo.com