31 May 2013

Selecta, Obyek Wisata Legendaris di Malang

Jalan-jalan menikmati Taman Rekreasi Selecta di kota Batu, seakan tak ada bosannya. Sejuk dan indah yang selalu melekat di benak, dan ada rasa ingin kembali lagi menikmati suasananya. Kawasan wisata yang telah berdiri sejak 1930-an ini tetap menjadi andalan untuk rileks sejenak dari berbagai kesibukan.
Selecta berada di Desa Tulungrejo, Kota Batu yang dikeliling Gunung Arjuno, Welirang, dan Anjasmoro. Untuk sampai ke sana, butuh waktu sekitar satu jam dari Kota Malang atau sekitar dua jam dari Surabaya. Menurut Amri, staf Marketing taman rekreasi ini, Selecta didirikan oleh warga Belanda Ruyter de Wildt. Awalnya, sebagai tempat peristirahatan bagi warga Belanda di Indonesia. Sesuai dengan namanya Selecta, berasal dari Selectia artinya, pilihan.


Ragam zona wisata di Selecta cukup lengkap. Karena, selain ada wisata hiburan, wisata alam, juga dilengkapi wisata kuliner. Ketika memasuki pintu masuk Selecta, Anda akan melihat hotel yang berada di depan. Apabila Anda menginap di Hotel Selecta, maka Anda sudah mendapatkan fasilitas tiket masuk ke taman wisatanya dangan harga kamar mulai Rp 300.000. Sedangkan apabila tidak menginap, maka Anda hanya cukup merogoh kocek Rp 12.700 untuk bisa menikmati suasana yang nyaman di Taman Rekreasi Selecta.
Yang sering menjadi tujuan utama dari pengunjung adalah kolam renang dan taman bunga. Kolam renang yang ada di sini penuh dengan aneka variasi (kedalaman maupun variasi papan loncat dan luncur) membuat para pengunjung tidak akan bosan berada di air. Selain itu, juga masih ada taman bunga yang menjadi salah satu ciri khas dari Selecta sendiri. Banyak bunga dari berbagai jenis ada di sini, selain itu, di sekeliling juga terdapat taman yang sangat luas tersedia untuk para pengunjung yang ingin menikmati suasana tenang dan udara yang sejuk.
Ada juga sepeda air, wisata berkuda untuk berkeliling Selecta, hingga outbond dan flying fox. Tentu masih banyak lagi pilihan permainan atau suasana nyaman yang akan ditemukan di Taman Rekreasi Selecta. Bahkan, Selecta juga sering di kunjungi oleh calon suami istri untuk melakukan pemotretan pre-wedding di taman bunga atau taman di sekeliling Selecta. ini tak lepas dari keindahan panorama taman rekreasi ini.
Jika Anda sudah puas berkeliling di Taman Rekreasi Selecta, di pintu keluar anda akan menemui pasar buah yang tentunya sangat cocok untuk oleh-oleh. Bisa juga untuk Aanda nikmati selama perjalanan pulang dengan melihat indahnya Kota Batu. Ayo, kapan ke Selecta?
***