09 May 2008

Installer Trojan berbentuk banner iklan

Di jaman informasi yang begitu pesat ini, hampir keseluruhan pengguna internet mengetahui situs Yahoo! Dengan layanannya yang cukup dikenal, yaitu e-mail, search engine, dan online chat. Righ Media, perusahaan iklan yang telah bergerak di periklanan cukup lama, dan juga merupakan mitra Yahoo!, kini dikabarkan banner iklan yang di-load-nya disertai dengan Trojan.

Right Media tidak menghasilkan secara langsung iklan online tersebut, namun mereka bekerja sama lagi dengan pihak atau perusahaan lain. Para cracker membuat Trojan tersebut tidak menyerang domain Righ Media, dengan tujuan dapat melalui testing software berbahaya pada banner.

Banner-banner tersebut berisi file flash yang melakukan instalasi Trojan backdoor secara sembunyi-sembunyi pada sistem operasi Windows yang belum di-patch, saat browsing website yang disertai banner tersebut. Saat browsing dan mengunjungi MySpace.com ataupun PhotoBucket.com, kemungkinan akan terinfeksi oleh Trojan tersebut, jika menggunakan browser Internet Explorer yang belum di-patch.

Banner tersebut ternyata juga ada di TheSun.co.uk, Bebo.com dan UltimateGuitar.com. Jadi, berhati-hatilah dan segera update system operasi Windows anda untuk pencegahan infeksi terhadap Trojan Banner tersebut. Atau, seperti yang disarankan Right Media, gunakanlah browser yang memang aman dan tidak rentan terhadap serangan Trojan. Kalau aku sendiri sih, lebih sering memakai Opera (dan sesekali Mozilla).