06 July 2008

Ketika Perangko Indonesia Bergambar Castro dan Guevara

Wajah kepala negara yang diabadikan di atas perangko, itu biasa. Namun, jika yang diterakan adalah wajah kepala negara tetangga, barangkali hati anda akan bertanya-tanya.

Dus, jangan kaget kalau anda menemukan ada Fidel Castro dan Che Guevara tercetak di perangko Indonesia. Itu bukan perangko jadoel. Pada pertengahan Mei 2008, PT. Pos Indonesia memang meluncurkan dua seri perangko baru. Satu bergambar Presiden Soekarno dan Guevara, sedang seri lain tampak Presiden Soekarno bersama Castro. Adapun latar belakang perangko itu berdesain monumen nasional serta bendera Indonesia dan Kuba.

Tentu ada alasan khusus sehingga wajah Castro dan Guevara menghiasi perangko kita. Ternyata, Pos Indonesia mengeluarkan perangko bergambar dua tokoh revolusioner dari Amerika Latin tersebut sebagai peringatan atas kunjungan Presiden Soekarno ke Negara Kuba pada tahun 1960.

Abdussyukur Muhamram, Kepala Unit Filateli PT. Pos Indonesia, mengatakan bahwa pihaknya hanya mencetak 5.000 lembar besar perangko seri Castro dan Guevara. Tiap lembar juga cuma terdiri dari 20 keping perangko. Seperti diketahui, jumlah itu jelas sangat sedikit. Lazimnya, satu lembar besar yang dicetak PT. Pos bisa berisi ratusan ribu perangko.

Meski dicetak terbatas, harga perangko ini tidak mahal. PT. Pos Indonesia hanya menaruh harga Rp. 2.250 untuk satu perangko. Hanya, anda jangan keburu naik darah jika tidak menemukan perangko tersebut di pasar. Pasalnya, menurut Abdussyukur, sekarang mereka baru mengedarkan perangko itu di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Tapi, menurut Syukur, segera akan menyusul disebar ke seluruh Indonesia, meski tidak sebanyak perangko biasanya.

Abdussyukur juga bilang, pada pertengahan Juni 2008, PT. Pos juga sudah meluncurkan perangko sejenis, sebagai peringatan atas kelahiran Guevara. Saat itu, Pos Indonesia dan Pos Kuba akan bertukar sampul hari pertama. Menurut Syukur, PT. Pos Indonesia ingin menjalankan misi perangko sebagai alat persahabatan, lepas dari latar belakang ideologi.

Nah, silahkan berburu perangko yang jumlahnya sedikit itu, kalau memang anda seorang filatelis. Berminat ?