20 Mei 2014

Senaputra, Taman Rekreasi Keluarga di Tengah Kota Malang

Taman Rekreasi Senaputra merupakan salah satu obyek wisata favorit warga Malang untuk mengisi hari libur bersama keluarga. Hingga saat ini, Taman Rekreasi Senaputra juga menjadi salah satu kawasan ruang terbuka hijau di kota Malang. Kawasan tersebut juga memiliki banyak pohon rindang sebagai penyangga ekosistem. Selain itu, posisinya yang berada di pinggir Sungai Brantas membuat Senaputra memiliki nilai penting untuk konservasi sungai.
Saat ini Taman Senaputra dikelola oleh Kodam V Brawijaya, sedangkan operasional sehari-hari dijalankan oleh Koramil Klojen yang bertindak sebagai pengawas. Tahun 1963 pernah terjadi sengketa pengelolaan taman ini antara Yayasan Senaputra dengan pihak Kodam V Brawijaya. Adapun saat dikelola Yayasan Senaputra, Taman Rekreasi Senaputra lebih memprioritaskan fasilitas hiburan seni budaya. Seni budaya tersebut berupa karawitan, kuda lumping, dan tarian daerah. Terdapat pula sanggar tari, sanggar karawitan, dan sanggar pedalangan.


Taman Rekreasi Senaputra berada di Jalan Kahuripan No.1, Malang dengan luas 2,12 hektar. Terletak di belakang Rumah Sakit Dr. Saiful Anwar Malang, taman ini merupakan sarana hiburan yang tepat bagi keluarga. Taman Senaputra memiliki berbagai arena permainan bagi anak-anak, sarana hiburan untuk remaja dan dewasa, kolam pancing serta kolam renang. Ada sekitar 5 kolam renang dengan kedalaman yang bervariasi, mulai dari kolam renang untuk bayi hingga kolam untuk dewasa dengan kedalaman 2 meter.
Menariknya, selain wisata keluarga Taman Rekreasi Senaputra juga dapat menjadi alternatif wisata budaya. Terbukti taman indah ini banyak dikunjungi anak-anak untuk berlibur sekaligus mengenal seni budaya. Di Taman Wisata Senaputra ini, Anda dapat menyaksikan pertunjukan tari Jaran Kepang serta performance band lokal setiap hari Minggu. Selain itu, taman wisata ini juga merupakan tempat latihan beberapa jenis kesenian seperti seni tari, karate, dan pencak silat.
Untuk meningkatkan daya tarik wisatawan, saat ini sejumlah sarana dan prasarana telah ditambahkan di Taman Senaputra. Antara lain mainan mobil koin dan perahu dayung. Pihak pengelola juga menambah atap bagi pengunjung kolam renang. Atap tambahan ini membuat wisatawan yang menikmati kolam renang terlindungi dari cuaca panas dan hujan.
Tiket masuk ke Taman Senaputra terbilang masih murah. Pada hari biasa harganya  berkisar Rp 5.000 untuk anak-anak dan Rp 6.000 untuk orang dewasa. Sedangkan pada hari libur seharga Rp 6.000 untuk anak-anak dan Rp 7.000 untuk dewasa.  Tiket tersebut sudah termasuk asuransi kecelakaan bagi pengunjung.
Jika ingin mengunjungi Taman Rrekreasi Senaputra, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Lokasinya yang strategis yakni sekitar 500 m dari pusat kota Malang membuat taman ini mudah dijangkau. Jika naik kendaraan pribadi tinggal arahkan kendaraan Anda menuju RS Dr. Saiful Anwar Malang. Lokasi taman tepat berada di belakang rumah sakit ini. Nah, jika menggunakan angkutan umum Anda bisa naik mikrolet berkode AT, AL, atau ADL  dari Terminal Arjosari Malang.

***

Sources: http://surabaya.panduanwisata.id/