27 August 2008

Hari Ini Blog-ku Dapat PageRank 1 dari Google

Mungkin yang sudah biasa nge-blog – atawa keseharian bergelut dengan dunia website – sudah tak asing dengan istilah PageRank, yang menurut Wikipedia artinya: sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

Masih menurut Wikipedia – habis mau referensi yang lain, takut artinya nggak pas sih, hehehe… -- cara kerja PageRank ini adalah sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10. Contoh: Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil.

Jujur saja, aku sendiri yang masih gaptek, kurang memahami bagaimana Google bisa memberi ranking – dan memang tidak pernah mau memikirkan hal-hal njelimet ini – pada setiap website atau blog. Cuma, dari 4 (empat) blog yang pernah aku buat (yang diurus maupun tak terurus) 2 blog bahasa Indonesia mendapat PageRank 1, 1 blog bahasa Inggris mendapat PageRank 2, dan 1 blog lagi (bahasa Inggris juga) PageRank-nya masih 0.

Nah, blog-ku yang satu ini – yang hampir setiap hari aku isi tulisan – tadi pagi sudah mendapatkan PageRank 1. Seneng juga sih, habis blog lainnya yang jarang aku tengok aja cepat dapat PageRank-nya, tapi yang ini malah lamaaa… banget dapatnya. Padahal, segala usaha dan nasehat dari para sesepuh blog Indonesia sudah aku “contek” habis-habisan, hehehe…

Its okay.., dengan dapat ranking dari Google, kayaknya – ada harapan – aku akan jadi lebih seneng dan rajin nge-blog lagi deh. Waduuuh.., norak dikit boleh donk…, hahahaha…?!

AddThis Feed Button