18 August 2008

Luar Biasa, Universal Studio Menghasilkan US$ 1 Miliar dalam Satu Semester

Anda penggemar film? Kalau hiya, setidaknya sebelum dan akhir film – kalau memang memperhatikan – di beberapa film (buatan Amerika) sering muncul tulisan Universal Pictures International. Nah, asal tahu saja, berdasar tulisan yang dirilis Reuters minggu ini, Universal Studio Pictures tersebut menyatakan bahwa penjualan filmnya di dunia – belum termasuk Amerika Serikat dan Canada – telah mencapai US$ 1 miliar per medio Agustus 2008 ini. Dan ini, tentu saja merupakan pencapaian tercepat Universal untuk sampai ke angka sebesar itu. Sebab biasanya Universal baru membukukan angka segede itu pada akhir tahun.

Sebagai perbandingan, tahun lalu penjualan tiket film-film buatan Universal baru mencapai US$ 1,03 miliar setelah berada di penghujung tahun. Ketika itu, penjualan di Amerika Utara – yakni Amerika Serikat dan Canada – mencapai rekor sebesar US$ 1,09 miliar. Adapun penjualan Amerika Utara tahun ini baru mencapai US$ 805 juta.

Universal, sebagai unit usaha General Electric Co., mengatakan hasil penjualan tiket internasional tahun ini merupakan yang paling sukses dari tahun-tahun sebelumnya. Kesuksesan itu, berkat tiga film yang berhasil meraup lebih dari US$ 100 juta akhir-akhir ini. Tiga film itu adalah film komedi musical Mamma Mia!, film sekuel The Mummy: Tomb of The Dragon Emperor, dan film action thriller Wanted. Ketiganya hingga akhir pekan silam berhasil mengumpulkan masing-masing US$ 180 juta, US$ 152 juta, dan US$ 123 juta.

Namun, rumah produksi film ternama Hollywood itu mengungkapkan, kemungkinan hingga akhir tahun nanti penjualan tiket akan lebih lambat. Tambahan saja, Universal Studio memasarkan film-filmnya di dunia melalui Universal Pictures International.
AddThis Feed Button