23 August 2008

Nada Panggil “Jorok” untuk Mencegah Penyebaran HIV/AIDS

Ini memang bukan terjadi di negeri kita, tetapi cerita – yang diberitakan Reuters dan AFP – dari negeri Mahatma Gandhi, India. Dengan jumlah pengguna telepon seluler yang mencapai 270 juta, pemerintah India nampaknya memanfaatkan “pasar” ini untuk mengkampanyekan programnya melalui nada panggil telepon seluler.

Nada panggil ini bukan berupa lagu-lagu, petikan pidato, ataupun suara binatang. Tetapi justeru suara teriakan : Kondom… Kondom…! Tentu ini sangat relevan, karena nada panggil ini merupakan bagian dari kampanye seks aman sebagai upaya pencegahan penyebaran HIV/AIDS yang lagi gencar di India. Nada panggil “kondom... kondom” ini didesain untuk mengatasi penolakan di kalangan warga India membahas penggunaan kondom, hingga selanjutnya pengguna kondom bias diterima.

Organisasi kampanye penggunaan kondom ini dibiayai yayasan yang dibangun Bill Gates dan istrinya, Melinda. Nada panggil ini diharapkan membuat kaum muda India menyadari ancaman HIV/AIDS. Bukan apa-apa, saat ini sekitar 2,5 juta orang di India mengidap HIV. Nada panggil “kondom... kondom” akan diedarkan bulan ini. Dan, kalau anda berminat, coba aja buka website comdomcondom.org. Siapa tau sukses men-download?

AddThis Feed Button