04 February 2009

Fenomena Facebook Itu ….. (2)

Mohon maaf kalau judulnya masih sama dengan tulisan sebelumnya – cuma dibedakan angka urutan dibelakangnya – karena masalah Facebook ternyata tak cukup dibahas satu kali saja. Setidaknya, obrolan malam bertema ‘Situs jejaring Sosial” di TV-One yang dipandu Tina Talisa beberapa waktu silam cukup menarik dibahas ulang, karena demam Facebook nyatanya sudah merambah ke berbagai kalangan.

Pak Fery Mursyidan Baldan, yang anggota DPR RI itu misalnya, justeru memanfaatkan Facebook sebagai (salah satu) alat interaksi dengan konstituennya tentang apa yang sudah dilakukan sebagai anggota DPR, selain diskusi dengan teman-temannya seputar kebijakan yang dikeluarkan DPR. Tak tanggung-tanggung, Pak Fery sudah mempunyai jaringan (teman) sekitar 5.000-an.

Demikian juga dengan Diva Nadia – yang ini mantan penyanyi cilik yang kini jadi pesinetron remaja – menemukan banyak teman lamanya justeru melalui Facebook. Nadia juga tak perlu lagi repot-repot mem-publish aktivitasnya (terutama untuk fans-nya), karena cukup menuliskan aktivias harian di Facebook. Setidaknya, sekarang Nadia sudah punya sekitar 500-an teman di Facebook.

Nah, kalau menurut Bang Enda Nasution – yang ini tentu saja mewakili blogger – situs jejaring sosial yang dibuat mantan mahasiswa Harvard ini banyak sisi positifnya. Karena sifatnya yang sosial untuk pertemanan, Bang Enda mendorong para pengguna Facebook sebaiknya memakai nama asli dan data akurat.

Tak lupa sebuah “tips” buat ber-Facebook-ria dari sang master blogger, bagi mereka yang akan memulai buka account Facebook, yaitu: 1) Pilihlah password yang tipikal, 2) Jangan tingggalkan komputer saat akses (sebaiknya di logout lebih dulu), 3) Bersosial dengan baik, sesuai dengan fungsi jejaring ini.

Eh hiya, salah satu alasan Bang Enda aku sebut “master” karena aku sudah mulai baca blog Bang Enda Nasution sejak sekitar 6 tahun silam, saat rame berpolemik “melawan” Murdan Sianturi (webmaster PintuNet) seputar situs konsumen yang sudah almarhum tersebut. Alasan lainnya, tentu para blogger sudah bisa menjabarkan sendiri kan?


AddThis Feed Button