04 June 2010

World Cup 1966: Dari Aksi Boikot Tim Afrika Sampai Maskot Willie

Ajang pesta sepakbola akbar sedunia – FIFA World Cup 2010 – sudah di depan mata, dan hanya tinggal hitungan hari saja untuk menuju kick-off pertandingan pertama, tanggal 11 Juni 2010. Bisa jadi dari perhelatan yang digelar sebulan penuh di Afrika Selatan itu akan bermunculan aneka macam “cerita” yang akan menjadi penghias perjalanan panjang kejuaraan dunia sepakbola empat tahunan tersebut.

Tetapi, cerita menarik yang patut dikenang – sebagai bagian dari kilas balik – adalah saat piala dunia diadakan di Inggris, tahun 1966. Selain diboikot oleh tim-tim asal Afrika yang tidak hadir di putaran final – karena aturan FIFA saat itu mewajibkan juara Afrika harus play-off dengan pemenang zona Asia atau Oceania – di turnamen ini juga tercatat rekor baru dalam jumlah tim yang ikut babak kualifikasi, yaitu 70 negara.

Cuma, karena Afrika tidak mengirim wakilnya, setelah melalui adu argumentasi, FIFA akhirnya memutuskan bahwa 16 tim yang masuk putaran final terdiri dari : 10 tim dari Eropa, 4 dari Amerika Selatan, 1 dari Asia, dan 1 dari Utara dan Tengah Amerika. Ke-16 tim dalam fase penyisihan dibagi dalam 4 grup.

Yang menarik lainnya, dari penyelenggaraan piala dunia di tanah Inggris ini, adalah penggunan maskot untuk pertama kali dikenalkan, dengan mengambil model seekor singa. Uniknya, meski Inggris tak dikenal sebagai area “penghasil” singa, penyelenggara mendesain maskotnya berupa seekor singa yang dilabeli bendera Inggris, dan diberi nama Willie.

Berbarengan dengan peluncuran sang maskot itu pula, lagu bertajuk World Cup Willie pun dirilis. Penyanyinya, Lonnie Donegan, yang kala itu menjadi penyanyi papan atas Inggris.

Sontak, kehadiran Willie dalam bentuk merchandise apa saja diserbu khalayak, terutama kanak-kanak. Dan, sejak itulah kehadiran maskot tak cuma sekedar simbol budaya, tapi tumbuh menjadi industri merchandise tersendiri dengan omset melimpah. Bahkan, cabang olahraga lain dan multi event lainnya juga mulai mengenalkan maskot setiap penyelenggaraannya.

Kini, jelang piala dunia di Afrika Selatan, berbagai produk merchandise Zakumi (maskot Piala Dunia Afrika selatan 2010) telah beredar di seluruh dunia dengan berbagai bentuknya. Kita tunggu saja, berapa omset yang didapat dari maskot Zakumi. Yang pasti, gelimang dolar sudah ada di depan mata pemegang hak merchandise tersebut.
***

sumber: Wikipedia/Gol!