13 July 2010

Video Ramalan Dedy Corbuzier NC1253HZ6 (Disinyalir) Hanya Hoax

Dua hari belakangan, pemberitaan event akbar Piala Dunia 2010 mencapai puncaknya. Tak hanya tampilnya Spanyol yang menjadi kampiun di Afrika Selatan, tetapi juga pergunjingan ramalan “tepat” tebak juara dan score dari mentalis Deddy Corbuzier di salah satu stasiun televisi swasta, yang diduga hanya berdasar trik dan permainan sulap belaka. Tidak ada kehebatan apa-apa dibalik semua itu.

Bahkan, analisa menelanjangi trik Deddy Corbuzier juga dijabarkan di beberapa forum dan situs internet. Salah satunya di Berita Harian – Blog Berita dan Informasi Terbaru 2010 – dengan judul “Video Ramalan Dedy Corbuzier NC1253HZ6 Hoax” yang sungguh menarik untuk dicermati. Karena dikabarkan ramalan Dedy Corbuzier yang berkode NC1253HZ6 tidak benar alias hoax. Berikut tulisan lengkapnya:

Selama satu bulan terakhir, Indonesia dihebohkan dengan beragam prediksi siapa juara Piala Dunia 2010. Mulai dari Gurita Paul yang menggemparkan dunia dengan ramalannya yang terbukti 100 persen akurat, sampai Deddy Corbuzier, mentalis ternama Indonesia yang memasukkan prediksinya ke dalam sebuah kotak yang telah dibuka usai pertandingan final (11/07/2010).

Sebelumnya, Deddy memberikan sebuah kode NC1253HZ6 melalui akunnya di Twitter, sebagai petunjuk atau kunci atas teka-teki siapa juara di Afrika Selatan. Tak sedikit di antara netter Indonesia yang berupaya membongkar apa yang tersembunyi di balik kode tersebut. Salah satu versi terlaris dibuat oleh seorang anggota komunitas Kaskus yang mencoba “memecahkan” kunci itu sebagai berikut :

N = North = Utara yang berarti letak negara di utara.
C = Christianity = negara dengan mayoritas penduduk beragama Nasrani.
1253 = angka yg menunjukkan letak negaranya. Karena letaknya di utara, disesuaikan dengan letaknya menurut garis lintang utara = 52°-31° lintang utara.
H = Horst Köhler yang merupakan presiden resmi terakhir yang dipilih melalui pemilu.
Z = Zurücktreten = yang berarti mengundurkan diri.
6 = enam tahun.

Rincian di atas menunjukkan Jerman bakal juara, karena letak negaranya di utara, 52°-31° lintang utara, 63% penduduk Jerman adalah Kristen, Horst Köhler dilantik tanggal 1 Juli 2004 pada pemilu 23 Mei 2009 dan terpilih kembali menjadi presiden, kemudian mengundurkan diri setelah menjabat presiden selama hampir enam tahun pada tanggal 31 Mei 2010. Namun pada pertandingan semi-final Jerman tersingkir, sehingga berbagai macam versi lainnya merebak.

Namun, apa yang dimaksud dengan kode NC1253HZ6 terungkap Senin pagi (12/07/2010), usai kemenangan Spanyol atas Belanda di final Piala Dunia 2010. Deddy tampil secara langsung di layar televisi dengan upacara pembukaan kotak. Terdapat selembar kertas di dalamnya dengan tulisan skor "Belanda 0-2 Spanyol", tapi angka 2 dalam keadaan tercoret, digantikan oleh angka 1.

Selanjutnya, Deddy membeberkan arti NC1253HZ6. Ia membuka papan yang terlipat dua: sisi terdepan menunjukkan "NC1253HZ6", kemudian ia membalikkan sisi lainnya yang tertulis "www.youtube.com/". Ternyata NC1253HZ6 adalah sebuah kanal di YouTube!

Di kanal itu, terdapat video Deddy yang mengatakan: "Sekarang tanggal 16 dinihari, dan saya memprediksikan negara yang akan memenangkan FIFA World Cup 2010... adalah Spanyol. Sekali lagi negara yang akan memenangkan FIFA World Cup 2010 adalah Spanyol, dan video ini akan saya upload ke YouTube secepatnya setelah rekaman ini selesai saya buat."


Dan benar, Deddy secepatnya mengunggah video tersebut, sehingga tercantum 17 Juni 2010 sebagai tanggal naiknya video.

Mari kita tinjau video NC1253HZ6 ini secara tuntas. Perhatikan:

 Halaman http://www.youtube.com/NC1253HZ6 adalah sebuah kanal (atau channel) di YouTube.
 NC1253HZ6 adalah nama pengguna (user), dan bukan tautan atau sebuah link utama video.
 Tautan video yang sebenarnya adalah http://www.youtube.com/watch?v=6WYnOQyWQe4
 Hanya ada satu video di dalam kanal NC1253HZ6. Judul videonya sendiri adalah NC1253HZ6.

Empat poin di atas menimbulkan kecurigaan, karena:

 Kalau Deddy ingin memberikan sebuah clue, seharusnya yang diberikan adalah 6WYnOQyWQe4, bukan NC1253HZ6. Otomatis, pemberian NC1253HZ6 adalah sebuah penipuan.
 Di dalam video ini, skornya tidak disebutkan. Otomatis, isi kotak dengan tulisan "Belanda 0-2 1 Spanyol" patut dipertanyakan. Kalau memang yakin, sudah selazimnya Deddy menyebutkan skor di dalam video ini.
 Tanggal upload video bisa diubah.
 Sebuah kanal bisa menampung jumlah video sebanyak-banyaknya dan bisa dihapus di kemudian hari.
 Setiap kanal terdiri dari "Recent Activity" atau catatan aktivitas terbaru yang bisa dihapus.
 Semua video yang diunggah si pengguna bisa diatur supaya tidak terlihat oleh umum. Terdapat tiga pilihan penyiaran:
Public (umum): Semua orang bisa melihat videonya.
Unlisted (tidak terdaftar): Hanya orang yang mempunyai link yang bisa melihat videonya.
Private (pribadi): Maksimal 25 orang yang bisa melihat videonya, dan orang-orang yang mendapatkan akses ditentukan oleh user sendiri.

Kesimpulannya:
 Ini adalah Hoax, hoax to the max!
 Kode NC1253HZ6 tidak ada artinya atau sama sekali tidak relevan dengan sebuah tautan video di YouTube.
 Deddy Corbuzier dicurigai telah melakukan pembohongan publik.

Dugaan kecurigaan:
 Deddy mengunggah 32 video pada 17 Juni 2010 dengan ucapan pada masing-masing video:
     "Saya memprediksikan...Spanyol..."
     "Saya memprediksikan...Brasil..."
     "Saya memprediksikan...Honduras..."
     dan sebagainya.
 Kemudian 31 video yang salah prediksi dihapus (entah satu persatu, ataupun sekaligus pada tanggal tertentu) sebelum pengumuman Senin pagi (12/07/2010).
 Skenario kedua adalah satu video ditayangkan dengan manipulasi tanggal. Video NC1253HZ6 diatur supaya tidak diketahui publik sebelum pengumuman Senin pagi.

Dan untuk “membongkar” rahasia kotak ramalan Deddy Corbuzier – dari sisi teknis sulap – bisa dibaca sebuah di artikel yang berjudul “Membongkar Rahasia Trik Sulap Kotak Prediksi Deddy Corbuzier”, selengkapnya disini.

Terakhir, Deddy Corbuzier tidak lebih hebat dari Paul si Gurita. Karena Paul – binatang berkaki delapan yang tinggal di negara Jerman ini – secara langsung mampu mengungkapkan juara Piala Dunia 2010 sebelum pertandingan final dimulai, bahkan disiarkan secara live di televisi Jerman, serta memprediksi dengan tepat 8 pertandingan lainnya di Piala Dunia 2010.
***
sumber foto: whatzups.com