02 March 2011

Jika Film Hollywood Hilang, Inilah Film yang Tersisa di Bioskop Kita

Keputusan Motion Pictures Association (MPA) untuk menghentikan peredaran film Hollywood di Indonesia, karena keputusan pemerintah menambah beban pajak film impor, mulai dijalankan. Setidaknya, sejak Kamis (17/2/2011), Hollywood sudah tidak lagi mengirimkan produksi filmnya. Sementara, film yang sudah telanjur diputar, akan ditarik dari peredaran.

Disisi lain, pemerintah – via Ditjen Bea dan Cukai – tidak gentar menghadapinya. Keterangan dari Direktur Teknis Kepabeanan Ditjen Bea Cukai Heri Kristiono yang dikutip beberapa media cetak dan online menyebutkan selama ini para importir film asing dalam negeri tak memasukkan nilai royalti ke dalam nilai pabeannya.

Suka tidak suka, itulah kebijakan yang (katanya?) akan melindungi produksi film dalam negeri. Jika benar film Hollywood menghilang dari peredaran di gedung bioskop nasional kita, maka berikut film-film yang akan (dan masih bisa) Anda saksikan di bioskop :

1. Jenglot Pantai Selatan (Sedang Diputar)
Film horor ini digarap oleh sutradara Rizal Mantovani dan dibintangi Debby Ayu, Wichita Satari dan Febriyanie Ferdzilla. Film ini menampilkan teror jenglot yang mencari darah perempuan yang masih perawan.

2. Arwah Goyang Karawang (Sedang Diputar)
Film yang satu ini menuai kontroversi setelah dua bintang utamanya, Julia Perez dan Dewi Persik berkelahi di lokasi syuting. Namun, banyak pihak perkelahian itu hanya akal-akalan produser untuk menaikkan pamor filmnya.

3. Rindu Purnama (Sedang Diputar)
'Rindu Purnama' merupakan film drama yang disutradarai oleh aktor Mathias Muchus. Film ini menampilkan kehidupan Purnama, gadis kecil yang hidup di rumah singgah.

4. Kalung Jailangkung (Sedang Diputar)
Sepertinya sineas Indonesia belum bosan menampilkan jelangkung dalam film garapannya. Film yang dibintangi Zaky Zimah, Soraya Larasati dan Rozi Mahally menyuguhkan kisah anak gadis yang mendapat teror dari hantu setelah memakai sebuah kalung misterius.

5. Love Story (Sedang Diputar)
Film drama yang satu ini dibintangi artis yang pernah menjalin cinta, Acha Septriasa dan Irwansyah.

6. Tebus (Akan Datang)
Film ber-genre thriller yang digarap oleh Muhammad Yusuf ini menampilkan aktor-aktris senior sebagai bintang utamanya. Di antaranya, Tio Pakusadewo dan Chintami Atmanagara.

7. Pocong Ngesot (Akan Datang)
Sutradara Nayato sepertinya ingin menyajikan sosok pocong yang berbeda. Kali ini, ia pun menampilkan pocong yang mengesot dalam film horor komedi garapannya. Ia pun menggandeng Aziz Gagap sebagai salah satu bintangnya.

8. Rumah Tanpa Jendela (Akan Datang)
Setelah 'Garuda di Dadaku', aktor cilik Emir Mahira menyuguhkan aktingnya di film drama 'Rumah Tanpa Jendela'. Selain Emir, film ini juga dibintangi pasangan yang sedang dimabuk asmara, Raffi Ahmad dan Yuni Shara.

9. Cewek Saweran (Akan Datang)
Kenapa judulnya seperti itu? Pertanyaan itu mungkin muncul di benak Anda saat pertama kali mendengar ada film yang menggunakan judul 'Cewek Saweran'. Apakah kualitas film yang dibintangi Juwita Bahar ini akan 'semurah' judulnya?
***
sources: detikMovie