01 April 2020

Chef Marinka Telah Mengajari Saya Bikin Nasi Goreng


Ini bukan karena saya jago masak, tetapi lebih karena saya sejak beberapa tahun silam bisa memenuhi selera yang diinginkan anak-anak dan istri, yaitu Nasi Goreng khas Jawa kesukaan istri dan Nasi Goreng Merah kesukaan anak-anak. 

Resepnya saya dapat langsung dari orangtua saya saat mudik ke kampung, dan telah melalui beberapa kali proses eksperimen, yaitu mencoba berbagai ukuran bumbu sampai mendapatkan takaran yang pas dan hasil yang tidak mengecewakan.

Satu pengalami unik – yang berhubungan dengan nasi goreng ini – adalah ketika saya suatu hari membuat nasi goreng untuk anak-anak dan istri dengan rasa dan aroma yang berbeda. Meski mereka masih penasaran saat makan, tapi 5 porsi nasi goreng yang saya bikin habis tak tersisa disantap bersama. Dan agar tak penasaran, seusai makanpun saya jelaskan, bahwa nasi goreng itu saya buat setelah diajari resepnya oleh Chef Marinka, yang memang sudah kesohor lewat media televisi itu.

Tentu bukan diajari langsung, melainkan melalui media online yang saya baca tanpa sengaja. Awalnya, sambil buka-buka media berita online saat istirahat di kantor, tanpa sengaja saya membaca sebuah judul tentang Resep Nasi Goreng Anak Kosan. Pas saya klik malah dialihkan ke laman Vemale Online, yang membahas sosok chef kenamaan Marinka. Di situs tersebut Chef Marinka memberikan satu resep khusus tentang nasgor yang pas untuk anak kosan, yang selain sangat lezat dan sehat juga mudah dibuat, karena bahan-bahannya mudah didapat.

Karena penasaran, saya ikuti panduan videonya, yang ternyata dialihkan lagi ke Youtube, chanel Simply Marinka. Ternyata di video tersebut Chef Marinka menyampaikan tutorial cara memasak dengan lebih santai dibanding saat muncul di televisi. Bahkan saya terkesan gaya pakaiannya yang casual dan (seksi?), sekaligus gaya bercandanya saat menyampaikan untuk mendapatkan bahan yang lebih murah – dicontohkan cabe merah – bisa dilakukan dengan cara meminta cabe lebih pada penjual gorengan saat kita beli gorengan. Guyonan yang masuk akal juga.

Intinya, untuk mendapatkan rasa nasi goreng yang lezat, menurut Chef Marinka diperlukan bumbu dan bahan yang variatif. Tidak harus mahal, cukup yang ada di sekitar kita. Seperti tambahan irisan kecil tempe goreng misalnya, selain bisa dipakai sebagai pengganti daging bagi yang vegetarian ternyata tempe bisa memberi rasa gurih pada nasi goreng. Demikian juga tambahan irisan tipis bawang bombai dan kacang mede. Dan tutorial Chef Marinka melalui video di Youtube itulah yang langsung saya praktekkan pada esok harinya di rumah.

Begitulah, Chef Marinka telah memberi saya pelajaran baru tentang cara membuat nasi goreng yang sehat dan praktis. Tentu point-nya bukan disitu, melainkan tambahan resep – yang langsung saya praktekkan dan berhasil ini – telah membuat rasa keakraban dan harmonis di keluarga saya makin terasa. Sebab, quality time pada keluarga makin terjaga, dikarenakan seringnya makan nasi goreng bersama dalam waktu-waktu tertentu. Anda tak ingin mencoba?