25 May 2008

Boleh beli PC, tapi cuma satu model

Sebuah berita yang mungkin agak konyol kedengarannya – yang dilansir BBC News beberapa waktu silam – perlu juga kita simak. Bagaimana tidak, ternyata selama ini pemerintah Kuba melarang rakyatnya membeli komputer pribadi. Tapi, baru-baru ini pelarangan tersebut sudah dicabut berkat perintah dari presiden baru Kuba, Raul Castro.

Namun, hal yang menjadi ganjalan atau dibilang menyedihkan adalah hanya satu model PC saja yang ditawarkan, yakni QTECH PC dengan harga sekitar US$ 780. Padahal pendapatan rata-rata penduduk Kuba hanya US$ 20 per bulan. Dengan harga sebesar itu, mereka mendapatkan Intel Celeron, 80 GB hard drive, 512 RAM, DVD Drive, CRT monitor, standard keyboard, mouse dan Windows XP.

Hal menyedihkan lainnya adalah di era internet ini, akses internet masih dilarang di Kuba. Hanya pegawai pemerintah terpilih saja, dan jurnalis senior yang diberikan akses internet. Pemerintah Kuba memberikan alasan, akses untuk kabel fiber optic bawah laut tidak dimungkinkan, karena embargo yang dilakukan oleh Amerika Serikat.

Jadi, kalau dipikir-pikir, masih enak di negeri kita – khusus untuk masalah internet lho! – karena untuk berinternet pun kita masih bisa dengan leluasa (di warnet ataupun di rumah), bahkan bisa gratis kalau kita menggunakan fasilitas internet kantor (seperti saya, hehehe…).