24 May 2008

Keterbukaan ala MySpace

Website social networking terkemuka, MySpace, kini mengizinkan penggunanya untuk mentransfer informasi profil secara otomatis ke website social networking lainnya. Informasi keanggotaan tersebut dibuka MySpace untuk Yahoo!, eBay, Potobucket dan Twitter serta pesaing terberatnya : Facebook.


Langkah yang tidak popular ini diambil MySpace, agar komunitas pengguna website social networking global dapat mengintegrasikan data-data mereka. Dengan demikian, pengguna MySpace tidak perlu lagi melakukan penyesuaian halaman profil mereka dengan foto, video, tulisan, music dan link ke blog, website, dan teman bila memiliki account pada website social networking lainnya.

Langkah ini sebenarnya merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan MySpace dan beberapa website lainnya dengan Google setahun silam, dalam sebuah inisiatif Open Social yang bertujuan menciptakan standar umum yang memungkinkan aplikasi widget untuk berjalan di beberapa komunitas online sekaligus.

Sejauh ini, Google dan Microsoft juga tenggah menggalang gerakan open ID yang memungkinkan pengguna mengaplikasikan satu username dan password untuk beberapa website sekaligus.