05 May 2008

Khasiat Air Kelapa

Disadari atau tidak, sebenarnya banyak hal yang ada disekitar kita – baik tumbuhan maupun hewan – nyatanya bisa dimanfaatkan untuk hal-hal positif bagi kehidupan manusia. Salah satu contohnya adalah kelapa, yang selama ini lebih dikenal sebagai bahan pembuat santan semata. Padahal, air (buah) kelapa, juga mempunyai manfaat dan khasiat.

Selain sebagai pelepas dahaga, air kelapa sejak zaman dahulu kalau sudah dikenal dan digunakan oleh nenek moyang kita untuk berbagai pengobatan dan masalah kesehatan seperti penetral racun, cacingan, diare, gatal-gatal pada kulit, demam, dan lain sebagainya.

Pengobatan dengan air kelapa ini, manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh anak-anak semata, namun juga orang dewasa. Bahkan ibu hamil sekali pun yang berharap anaknya lahir sehat dengan mengkonsumsi air kelapa selama proses kehamilan berlangsung.

Dalam dunia medis, air kelapa bahkan juga digunakan menjadi cairan infuse untuk mengatasi dehidrasi dan tambahan nutrisi bagi bayi diare dan prajurit yang terluka saat perang dunia. Jadi, begitu besar manfaat dan khasiat dari air kelapa ini. Apa anda juga pernah memanfaatkannya ?