04 May 2008

LCD Monitor, Perlu Perawatan Khusus

Perkembangan teknologi elektronik yang semakin canggih memang bisa memudahkan pekerjaan kita. Namun, jangan hanya tahu cara memakainya saja. Ada baiknya jika anda juga mengetahui bagaimana cara merawat perangkat elektronik tersebut.

Berikut ini, ada beberapa tips yang berguna bagi para pengguna monitor LCD – pernah dimuat di harian KOMPAS juga sih – yang antara lain :

· Ketika membersihkan layar monitor, usahakan selalu agar perangkat tersebut dalam keadaan power listrik-nya mati dan kabel suplai tercabut. Hal ini perlu untuk menghindari aliran listrik yang mungkin timbul, ketika anda tengah membersihkan layar monitor.

· Untuk membersihkan monitor LCD, ada baiknya jika anda menggunakan kain lembut dan cairan khusus pembersih monitor. Hindari cairan yang mengandung alcohol, karena disinyalir dapat merusak layar monitor. Bahkan bukan tidak mungkin jika nantinya monitor akan berubah warna menjadi buram atau terkena goresan.

· Saat menggunakan cairan pembersih monitor, sebaiknya tidak menyemprotkan cairan secara langsung pada monitor. Untuk amannya, semprotkan terlebih dahulu pada kain lap.

· Lakukan proses pembersihan monitor secara perlahan dan tidak menekan keras permukaan layar monitor. Usahakan dengan gerakan mengelap satu arah.

· Untuk keamanan monitor LCD, gunakan screen protector yang dapat melindungi monitor dari debu atau goresan.

· Sebaiknya tidak meletakkan spiker atau benda benda elektronik dari monitor, karena disinyalir dapat menyebabkan gangguan magnetik, sehingga merusak tampilan monitor.

· Hindari pula kebiasaan meletakkan monitor atau perangkat elektroni lainnya pada lokasi yang terkena sinar matahari langsung, karena dapat merusak ketahanan elektronik tersebut.