28 May 2008

Membeli PC, lebih untung yang branded

Sebenarnya agak kurang enak pas mau nulis masalah ini. Sebab, sejak bisa beli PC sendiri 10 tahun silam, koq sepertinya saya belum pernah “mendapatkan” yang 100 persen branded (mesti ada saja salah satu komponennya yang beda merek, hehehe…). Tetapi, saya tetap mengangguk setuju, ketika disodori sebuah tulisan yang membahas untung ruginya membeli PC branded, dengan kesimpulan akhir yang branded lebih memiliki banyak kelebihan.

Memang, PC branded biasanya sudah memilki spesifikasi yang telah ditentukan, dan kita sulit untuk memilih komponen apa saja yang diinginkan. Cuma, keuntungannya adalah kita sudah tidak perlu khawatir tentang kompabilitas komponen didalamnya, karena proses pemilihan dan pengujian komponen tersebut dilakukan dengan ketat.

PC branded dilengkapi dengan garansi yang rata-rata lebih lama dari garansi komponen yang ada di dalam PC rakitan. PC branded kebanyakan telah dibundel dengan operating sistem dan beberapa aplikasi lainnya, sehingga minimal kita sudah tidak perlu membeli operating system lagi.

Dan yang terakhir, memang terdengar agak subyektif, tetapi mungkin sebagian besar dari kita setuju, PC branded lebih stylish. Bentuk dan desain casing-nya sangat menarik, sehingga tentunya dapat menambah keindahan ruang tempat kita beraktivitas.

Mudah-mudahan setelah membaca tulisan ini, anda sepakat dengan saya, bahwa -- diakui atau tidak -- ternyata PC branded lebih banyak keuntungannya disbanding dengan PC jangkrik (rakitan).