
Setelah mendapatkan 2 macam barang yang tertera di website, saya menghubungi (salah satu cabang) bhinneka.com via telepon yang ada di Cibubur Junction, dengan pertimbangan lokasi ini dekat dari kantor. Begitu saya sebut nama barang yang dicari, langsung dijawab stock lagi kosong dan ditawarkan jenis dan merek lain saja. Saya bilang di website masih ada, kenapa dibilang kosong? Lucunya, jawabannya lebih aneh, mungkin itu yang di bhinneka.com pusat, sehingga perlu waktu sekitar 30 menit untuk cek lagi. Saya diminta menutup telpon.
Benar, 30 menit kemudian saya dihubungi dan dibilang barang memang ada. Tetapi kalau mau pesan (ini perlu dua hari kerja katanya) harus ngasih DP dulu, dan itupun tidak ada kurir yang mengantar, jadi harus ambil sendiri di Cibubur Junction. Lha ini kan berarti saya harus datang 2 kali ke bhinneka.com, pertama ngantar DP dan kedua saat ambil barang. Betapa tidak praktisnya! Disamping itu, harga yang disebutkan selisih US$ 2 untuk masing-masing barang, katanya mungkin yang di website belum di update.
Tidak mau ribet, saya hubungi pusatnya bhinneka.com sore harinya (Senin, 16 Juni 2008). Diterima Sales yang bernama Titi. Layanannya bagus, data saya yang memang sudah ada di database bhinneka.com di update, dan kemudian disebutkan barang ada, harga sesuai di website, dan akan diantar hari Rabu (18 Juni 2008) dengan biaya antar Rp. 30.000. Saya setuju, karena hari Selasa (17 Juni 2008) saya kebetulan keluar kota.
Hari Rabu (18/06/2008) seharian saya di kantor menunggu, tapi kurir tidak datang, ditelpon pun juga enggak. Hari Kamis (19/06/2008) sama saja, tidak ada kabar. Hari Jumat (20/06/2008) tidak ada perubahan, sehingga sekitar jam 4 sore saya telpon Titi, jawabannya barang belum ada, sudah dis-continued (lho, ini apa-apaan? Kemarin katanya ada dan siap dikirim, sekarang beda lagi?). Saya disuruh nutup telpon dan akan dihubungi sebelum jam 5 sore untuk kepastian. Nyatanya, sampai jam 12 malam (batas hp saya on), tidak ada yang menghubungi saya.
Karena sudah capek dengan perlakuan bhinneka.com, hari Minggu (22/06/2008) sekitar jam 11 pagi saya kirim SMS ke Titi bahwa saya membatalkan pesanan. Jujur saja, saya kurang bisa menerima perlakuan semacam ini. Bagaimanapun juga, saya adalah pelanggan mereka (karena saya pernah belanja dengan cara yang sama dan tidak ada masalah). Ini sebuah layanan yang tidak seharusnya dilakukan oleh bhinneka.com, dan sama sekali tidak sepadan dengan nama besar yang disandangnya.
Dan sejak saat ini, saya tidak akan pernah merekomendasikan bhinneka.com lagi pada siapapun (termasuk yang membaca tulisan ini) untuk urusan apapun!