19 Juni 2008

Melanggar Kontrak, Starbucks dituntut T-Mobile

Starbucks Corp. menghadapi tuntutan serius dari T-Mobile. Menurut T-Mobile, Starbucks telah melanggar kontrak kerjasama mereka. Pasalnya, jaringan gerai kopi terbesar di AS itu telah mengizinkan AT&T Inc. menyediakan layanan internet nirkabel (Wi-Fi) gratis di gerainya dengan memanfaatkan jaringan dan peralatan milik T-Mobile.

T-Mobile juga menuduh, secara diam-diam, Starbucks telah menyusun rencana yang membiarkan AT&T menyediakan layanan internet gratis di dalam 7.000 gerai Starbucks, di AS. Padahal, berdasarkan perjanjian di tahun 2002, T-Mobile mengklaim memiliki hak eksklusif untuk memasarkan dan menjual internet Wi-Fi di gerai Starbuck hingga 4 Januari 2009.

Manajemen T-Mobile bilang, pelanggaran itu telah meningkatkan biaya layanan Wi-Fi yang harus ditanggung T-Mobile. Menurut penjelasan Manajemen T-Mobile dalam tuntutannya di pengadilan awal Juni 2008, tindakan Srarbucks menyebabkan kerugian keuangan yang besar.

Adapun jurubicara Starbucks Valerie O’Neil menyatakan, tujuan Starbucks adalah menyediakan akses internet di seluruh gerai. Ini merupakan manfaat bagi pemilik Starbucks Card Rewards maupun pelanggan AT&T.