04 June 2008

Tahun 2008, (akan) ada 300.000 lowongan PNS

Angin segar dihembuskan kembali oleh pemerintah, terutama bagi para pencari kerja di instansi pemerintah (baca : pegawai negeri). Kabar gembira – bagi yang ingin menjadi pegawai negeri sipil (PNS) ini – bukan hanya untuk yang baru akan melamar jadi abdi Negara semata, tetapi juga para guru honorer yang selama ini terkatung-katung menunggu pengangkatan. Dari segi kuantitas pun, pemerintah juga sudah menyebutkan angkanya, yaitu 300.000 orang yang akan direkrut menjadi pegawai negeri.

Dari 300.000 pegawai negeri baru ini, 83.000 diantaranya akan berasal dari tenaga honorer. Sebab, pemerintah harus mengangkat seluruh tenaga honorer paling lambat akhir tahun ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 48/2005 tentang pengangkatan Tenaga Honorer.

Lebih rinci lagi, dari 83.000 tenaga honorer yang diangkat itu, 35.000 diantaranya adalah guru honorer. Khusus untuk para guru honorer ini, menurut Deputi Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Masni Rani Mochtar, pengangkatannya tinggal menunggu kelengkapan administrasinya saja.

Sedangkan, sisanya terbuka bagi pelamar umum. Lowongan pekerjaan yang tersedia ini paling banyak untuk urusan administrasi dan teknis di berbagai bidang seperti pelayanan kesehatan dan pendidikan. BKN berharap lowongan pekerjaan ini setidaknya bisa mengurangi angka pengangguran terbuka di Indonesia yang telah mencapai 9,43 juta orang.

Jadi, bagi anda yang berminat, harap siap-siap dulu segala keperluan untuk melamar pekerjaan di lingkungan pemerintahan ini. Kapan lowongan itu akan dibuka, sampai tulisan ini dibuat masih belum ada kabar ataupun berita dan departemen terkait. Kita tunggu saja ya ?