13 Desember 2008

Giliran Sony PHK 8.000 Tenaga Kerjanya

Ternyata tidak hanya Amerika Serikat, Taiwan atau Hongkong saja yang terkena imbas krisis ekonomi, yang berakibat pengurangan karyawan besar-besaran di perusahaan raksasa negeri tersebut. Di Jepang, raksasa elektronik Sony Corp. ikut kelimpungan menghadapi krisis.

Di minggu ke-2 Desember kemarin, Sony mengumumkan bakal memangkas 8.000 posisi dari 160.000 tenaga kerjanya di dunia, hingga 2010. Sony bisa menghemat US$ 1,1 miliar setahun setelah ada pemangkasan karyawan tersebut.

Seperti yang diberitakan Bloomberg, Sony juga akan menutup sejumlah pabrik, di antaranya pabriknya di Perancis yang memproduksi tape dan media perekam lainnya. Jumlah pabrik Sony yang kini 57 unit akan menyusut sekitar 10%. Lantas, Sony akan memindahkan pusat produksi itu ke lokasi yang lebih murah biaya produksinya.

Sony juga akan menunda rencana investasi untuk memproduksi TV berlayar kristal cair di Slowakia. Selain itu, Sony akan mengurangi belanjanya di semikonduktor dan melakukan outsourcing untuk produksi sensor gambar ponsel. Menurut manajemen Sony, rencana ini merespon perubahan mendadak dan cepat pada ekonomi dunia.

Sebagai gambaran, sebelumnya Sony juga telah memangkas produksi dan mengurangi stok barang. Berbagai langkah itu belum cukup karena krisis kian parah. Nah, bagaiamana dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia.


AddThis Feed Button