06 January 2009

Ketika Klip Madonna Menghilang dari Youtube

Waduuh.., ini kabar kurang menyenangkan bagi mereka yang biasa berkunjung ke situs video Youtube, untuk mencari video dan lagu dari artis dibawah naungan Warner Music Group Corp. Bukannya apa-apa, akhir bulan Desember kemarin, Warner memutuskan untuk segera menarik semua video dan lagu semua artis di bawah benderanya dari Youtube.

Masalahnya, apalagi kalau bukan soal royalti. Warner dan Youtube gagal menyepakati besaran pembagian royalti, sehingga – sesuai pernyataan resmi yang dikeluarkan pihak Warner Music – bahwa Warner tidak bisa menerima persyaratan yang tidak memberi kompensasi yang adil pada artis, penulis lagu, label dan penerbit atas nilai yang mereka berikan.

Padahal, sejak tahun 2006, Warner dan Youtube sudah sepakat untuk memajang video dan lagu dari artis yang bernaung di bawah label asal New York ini. Sebagai imbalan, saat itu Warner mendapat royalti dari video sreaming serta dari iklan.

Apa boleh buat, meski perusahaan raksasa musik lainnya – seperti: Universal Music, Sony BMG Music dan EMI Group – masih lebih lunak dalam bersikap (katanya sih dalam tahap negosiasi), tetapi kita sudah kehilangan kesempatan untuk melihat Madonna ataupun Metallica (di bawah naungan Warner Music) dari Youtube. Sayang banget!


AddThis Feed Button