05 January 2009

Masuk Sekolah Jam Setengah Tujuh? Baguuuus….

Hari ini – Senin, 5 Januari 2009 – ada yang sedikit berubah di wilayah Jakarta. Secara serentak, sekolah-sekolah dari tingkat SD sampai SMA di 5 wilayah DKI Jakarta mewajibkan siswanya masuk pukul 6.30 wib, maju 30 menit dari biasanya. Meski, sebenarnya sudah ada beberapa sekolah yang (jauh sebelumnya) sudah membuat aturan masuk jam setengah tujuh pagi.

Alasan bahwa aturan ini akan membuat kemacetan Jakarta sedikit berkurang – sampai 14% katanya – bisa jadi ada benarnya. Lha buktinya, tadi pagi saat aku jalan pagi rutin (olahraga jogging, maksudnya), biasanya kondisi jalan utama di sekitar tempat tinggalku agak lengang, tadi sekitar jam setengah enam sampai jam enam sudah penuh dengan para pelajar yang mau berangkat sekolah.

Sambil terus jogging, aku membayangkan, saat para karyawan (atau para pekerja kantoran) berangkat kerja jam setengah tujuh atau jam tujuh nanti, sudah tidak lagi berebut kendaraan – dan jalan – dengan para pelajar. Demikian juga saat pulang sekolah yang lebih cepat, pasti tidak akan berbenturan lagi dengan jam istirahat atau pulang kerja karyawan (terutama di wilayah pabrik yang memakai sistem kerja sift). Yup, masuk akal juga kalau aturan jam sekolah dimajukan bisa mengurangi kemacetan lalu lintas.

Dampak pada para pelajar? Ah, aku kira tidaklah banyak membawa dampak. Karena, seingatku dulu (saat aku masih berstatus pelajar, hehehe…) masuk sekolah juga jam setengah tujuh. Malah, karena aku sekolah SD sampai SMA di kota Malang, waktu berangkat sekolah yang pagi hari tersebut sering masih turun kabut selama di perjalanan (bukan kabut asap kendaraan seperti di Jakarta!).

Artinya, meski baru (serempak) diterapkan hari ini, aturan masuk sekolah lebih pagi, menurutku sangatlah baik. Pelajar jadi lebih fresh saat belajar, tidak capek berebut kendaraan dengan penumpang umum (bagi yang naik kendaraan umum), dan istirahat siang hari (di rumah) pun bisa lebih panjang. Setidaknya, ambil positifnya sajalah.., toh putriku saja yang masih SD tadi pagi ya enjoy saja saat berangkat lebih pagi.


AddThis Feed Button