05 December 2009

Di Pantai Carita, Trik Penjual Durian Makin Canggih Aja

Sebenarnya sudah sering aku mendengar “penipuan” – khas para penjual durian – yang akhir-akhir ini nampaknya makin merajalela. Mulai dari trik menyemprot (kulit) durian yang belum matang dengan aroma durian, sampai menggunakan pasta yang diletakkan di ujung pisau si penjual. Memang, rata-rata yang kena “tipuan” adalah para pembeli yang masih awam dalam memilih durian matang atau belum.

Nah, hari minggu kemarin aku melihat dengan mata kepala sendiri, sebuah kejadian yang menurutku konyol juga. Bagaimana tidak, 3 orang teman seperjalanan – yang sedang melakukan survey lokasi ke Pantai Carita untuk tour warga komplek perumahan – bermaksud membeli durian untuk oleh-oleh. Setelah pilih-pilih durian (yang semuanya baunya harum menyengat), dan ditambah ocehan tukang durian bahwa semua durian ditanggung matang dipohon dan manis, akhirnya temanku membeli 7 buah.

Lucunya, pas temanku mau pinjam pisau untuk mencoba (dan membuka) durian tersebut, si tukang durian malah bilang tidak bawa (ini sebuah keanehan sebenarnya). Benar juga, begitu di mobil, kami coba belah itu durian, hehehe…. rasanya hambar dan kurang matang. Selidik punya selidik, aroma harum durian yang menyengat ternyata hanya ada di kulitnya semata, sedang duriannya sendiri tidak berbau (dan kami sangat yakin, ini pasti berkat semprotan aroma durian di kulit luar).

Karena penasaran, 7 durian – yang harusnya dijadikan oleh-oleh – dibelah semua, dengan memakai alat seadanya yang ada di mobil. Luar biasa, hanya ada 2 durian yang memang manis dan matang, sisanya dengan sukses kami buang ke tempat sampah. Bener-bener tertipu. Tapi salah kami juga, kenapa beli durian pada pedagang yang kurang meyakinkan, hehehe….

Nah, agar tidak mengalami kejadian serupa, bagi para penggemar durian (tapi belum bisa memilih durian yang siap santap) berikut ada tips – aku kutip dari indoforum – yang harus diperhatikan dan diwaspadai ketika membeli buah durian, karena :
1. Banyak buah durian yang belum matang tapi sudah di jual ke pasaran.
2. Banyak buah durian yang sudah layu/kering yang di jual di pasaran.
3. Penjual buah durian ada yang menipu pelanggan dengan cara menyuntikkan pemanis ke dalam buah durian yang di jualnya.
4. Penjual buah durian ada yang menipu pelanggan dengan cara mengoleskan pemanis ke pisau testernya.

Tips membeli durian (untuk pemula):

1. Kalau mau aman dan dapat durian bagus, beli saja di supermarket. Karena durian di jual dalam kemasan yang bisa di lihat. Biasanya yang di jual adalah jenis durian montong. Untuk jenis yang satu ini pastikan buahnya sudah berwarna kekuning-kuningan dan agak lembek karena kalau masih keras dan berwarna putih biasanya rasanya masih hambar alias belum matang.

2. Kalau beli di pinggir jalan, pastikan pembelinya berani membuka buahnya untuk mengetes rasa buah duriannya. Kalo penjualnya nggak mau mending nggak usah beli deh, soalnya kaya beli kucing dalam karung. Disarankan supaya makan di tempat saja untuk menghindari penipuan seperti penyuntikan pemanis atau pengolesan pemanis di pisau tester.

3. Kalo beli dan makan di tempat lebih baik ajak temen-temen yang banyak sekalian supaya bisa nego harga dan suasana makan menjadi lebih asik dan seru.



AddThis Feed Button