03 December 2009

Kamerun, Peringkat 1 Domain Negara Paling Berbahaya Versi McAfee

Jujur saja, sebelum membaca sebuah artiket di detikinet – yang membahas tentang domain negara paling berbahaya di internet – aku tidak pernah menghiraukan domain sebuah negara dalam berselancar di dunia maya. Maklum, seringnya membuka website perdagangan berbagai negara (yang ini jelas berhubungan dengan pekerjaan di kantor) menjadi tidak penting domain itu berasal dari negara mana.

Tetapi, dengan diberitakannya bahwa perusahaan keamanan komputer dan internet McAfee telah merilis daftar negara yang memiliki domain paling berbahaya untuk ditelusuri, maka unsur kehati-hatian harus lebih ditingkatkan lagi. Menurut McAfee, berbahaya di sini berarti ia (baca: domain negara itu) telah dijamah tangan-tangan nakal yang mengakibatkan penggunanya merugi.

Bahkan, selain karena rawan akan aksi pencurian identitas (phising) dan pop-up yang berlebihan, domain-domain tersebut juga bisa menginfeksi komputer pemakainya dengan virus. Satu hal yang kadang memang kurang mendapat perhatian pemakai internet, karena dianggap remeh.

Lebih lanjut detikinet juga menulis, studi yang dilakukan McAfee tersebut mengungkap bahwa domain yang dimiliki oleh Kamerun (.cm) menduduki posisi pertama dalam urutan domain negara paling berbahaya dengan angka risiko mencapai 36,7%. Hal ini disinyalir disebabkan bahwa banyak pelaku kriminal cyber yang sengaja menciptakan situs dengan typo palsu untuk domain .com yang laris dipakai.

Berikutnya, bertengger di urutan kedua daftar ini ditempati oleh domain milik China (.cn), diikuti Samoa (.ws) dan Filipina (.ph). Sedang di urutan ke-5 adalah domain milik negara yang kini sudah tak ada, yakni Uni Soviet (.su). Tidak dijelaskan, domain milik Indonesia (.id) berada di urutan berapa. Mudah-mudahan saja tidak masuk 10 besar !


sumber foto: www.boingboing.net


AddThis Feed Button