28 October 2014

Menikmati Hangatnya Pemandian Cangar

Wisata air panas Cangar terletak di Desa Cangar, Kelurahan Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Pemandian air panas alami ini terletak di dalam wilayah Taman Hutan Rakyat Raden Suryo yang berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto. Sumber air panasnya berasal dari Gunung Welirang. Pada pemandian yangberjarak 20 km dari kota Batu initerdapat goa yang dibangun pada masa kependudukan Jepang tahun 1942-1945 di sekitar sumber mata air.

Bagi Anda yang mengendarai mobil harap berhati-hati, karena jalan yang dilewati berkelok-kelok, serta terdapat tanjakan dan turunan yang agak curam. Sebaiknya beberapa penumpang harus turun pada saat di tanjakan untuk mempermudah mobil ketika menanjak. Namun, disela jalur yang berliku menuju Pemandian Cangar terdapat pemandangan yang begitu indah sepanjang jalan.


Selain itu, ada juga monyet-monyet yang suka bergelantungan di pohon sekitar pemandian Cangar. Tempat wisata ini masih alami, sehingga Anda bisa melihat hamparan ladang kubis dan beberapa macam tumbuhan lainnya yang bisa menyegarkan mata Anda.

Hawa dingin di sekitar Pemandian Cangar sangat terasa. Namun, Anda bisa mengkonsumsi tape ketan hitam yang dijual pedagang di sekitaran lokasi wisata. Tape ini membuat badan Anda menjadi hangat ketika dikonsumsi. Jadi jangan heran jika penjual tape ketan hitam ini laris manis karena diserbu oleh pengunjung yang ingin menghangatkan tubuh pada saat mengunjungi wilayah yang dingin ini.

Fasilitas lainnya berupa tempat untuk berkemah, mushola untuk sholat, kamar mandi, taman bermain anak-anak, penginapan, flying fox,  pendopo, lahan parkir yang luas sertawarung yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Harga tiket masuk cukup terjangkau yaitu berkisar Rp 6.000. Pemandian ini dibuka mulai jam 7 pagi hingga jam 2 siang. Menurut beberapa pengunjung, air panas di pemandian Cangar bisa menyembuhkan penyakit kulit.

***

Sumber: http://www.tempatwisatamalang.com