01 Desember 2019

Awas, Kanker Bisa Dipicu Makan Sate Yang Berlebih!


Malam tahun baru sudah tinggal menunggu hari saja. Biasanya, di banyak tempat, pergantian malam tahun baru diisi dengan kumpul dengan teman, handai taulan, atau bahkan keluarga sendiri. Dan, ini yang tak pernah ketinggalan, sambil melakukan bakar ayam ataupun bakar sate.

Nyatanya, banyak yang kurang menyadari bahwa banyak mengkonsumsi sate ataupun daging bakar dapat memicu hadirnya kanker di tubuh kita. Setidaknya, beberapa penelitian membenarkan temuan itu.


Salah satu artikel yang menyebutkan bahwa makanan yang dibakar, seperti sate, BBQ, atau daging panggang lainnnya mengalami reaksi maillard ketika dibakar – sebuah reaksi yang dapat mengubah gula dan asam amino menjadi senyawa yang disebut akrilamida – adalah yang ditulis oleh Dr Latif Saad.


Dilansir dari laman World of Buzz, senyawa akrilamida itulah yang akhirnya dapat menyebabkan kanker. Semakin lama dan semakin panas makanan dibakar, maka semakin banyak pula senyawa akrilamida dapat terbentuk.

Artikel Dr. Latif Saad juga menuliskan bahwa senyawa akrilamida telah diklasifikasikan sebagai zat Karsinogen yang menyebabkan kanker oleh 3 badan penelitian, International Agency for Research on Cancer (IARC), National Toxicology Program (NTP) dan oleh Environmental Protection Agency (EPA) Amerika Serikat.

Untuk antisipasinya, seperti dilansir Detik Food, Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang seimbang dengan membatasi makanan yang dimasak dengan metode dibakar atau dipanggang yang bisa menghasilkan kadar akrilamida yang tinggi. Karena bagaimanapun sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Jadi, silahkan menyambut tahun baru – dengan bakar ayam atau bikin satu – asal tidak berlebih!

***