04 Desember 2019

Cara Agar Musim Hujan Tetap Stylish Dan Tidak Salah Kostum


Di sebagian masyarakat, ada pemahaman yang kurang begitu tepat seputar pakaian yang dikenakan saat musim hujan. Yaitu selama ini hujan diidentikkan dengan hawa dingin, sehingga jenis dan model pakaian yang dipakai cenderung tebal dan tertutup.

Padahal, meskipun musim hujan – seperti saat ini yang merata di seluruh Indonesia – namun kadang udara juga tidak menentu. Misal, kita sudah pakai jaket tebal ternyata udara panas, giliran mengenakan pakaian tipis atau kaus ternyata hujan dan dingin.



Nah, seperti dilansir Seva dot id, agar kita tetap tampil gaya dengan pakaian di musim hujan ini, ada baiknya kita mengenal beberapa jenis pakaian yang cocok di musim hujan seperti saat ini.



Disarankan tidak memakai bahan Jins


Kenapa pakaian berbahan jins harus dihindarkan? Satu alasan paling tepat, jins justru berongga yang dapat membuat udara dingin lebih cepat masuk, selain jins memang tidak dirancang untuk menghangatkan tubuh meski punya ketebalan yang berlipat. 


Lagipula, jins cenderung sulit kering jika terkena air. Hal ini tentu tidak cocok saat musim hujan, bisa-bisa malah bikin masuk angin karena kedinginan.


Bahan Chiffon juga harus dihindari


Kebalikan dari pakaian berbahan jins, bahan chiffon atau sutera tipis mudah membawa udara dingin masuk ke tubuh, selain bahan ini juga akan tembus pandang apabila terkena air, sehingga kurang cocok jika dikenakan saat hujan.


Jalan keluarnya, kita bisa menggantinya dengan pakaian yang berbahan hycon atau twistcone. Keduanya tak kalah ringan ketimbang chiffon, namun tetap mampu menghangatkan tubuh di musim hujan.


Bahan Ringan Tebal adalah Sangat Tepat


Yang sangat disarankan, untuk melindungi tubuh dari udara dingin, pilih lapisan pakaian yang ringan karena mudah dibawa dan yang berpori-pori rapat untuk menghalangi angin.


Dan kalau jaket waterproof dan windbreaker terlalu berat serta tebal, kita bisa memilih yang ringan dan mudah dibawa seperti swaeter, hoodie, cardigan, blazer, atau jaket bomber.


Pakaian Bawahan untuk Wanita


Ini juga penting, khusus untuk wanita ketimbang memilih celana yang ribet dan musti digulung ketika berjalan di atas genangan air, sebaiknya mengenakan rok atau dress.


Pilihlah rok atau dress dengan model yang agak longgar. Rok sepan atau bodycon dress akan membatasi gerakan. Sebaiknya kita gunakan rok-rok cantik bermodel mengembang seperti huruf A atau dress longgar nan aduhai seperti shift dress.


***