07 Desember 2019

Garam Bukan Untuk Mengusir Ular, Tapi Ini Manfaat Sebenarnya


Beberapa waktu belakangan heboh munculnya puluhan ular kobra – karena memang musim telur ular menetas – di berbagai tempat, membuat banyak orang berspekulasi mencari penangkal ular. Salah satunya adalah menabur garam. 

Dengan menabur garam di depan pintu – atau tempat yang akan dilewati ular – dipercaya bisa mengusir ular. Dan kenyataannya, ini sudah dibantah oleh para pakar yang mendalami binatang melatah, bahwa ular tidak terpengaruh oleh serbuk garam.


Nah, yang benar – seperti dilansir laman AloDokter – garam lebih memberikan khasiat mengobati atau meredakan berbagai masalah kesehatan tubuh manusia. Tepatnya, air garam dapat membantu  mengatasi kesehatan. Dalam ilmu kedokteran, air garam atau larutan garam adalah ungkapan umum yang mengacu pada larutan atau campuran natrium klorida (NaCl), alias garam dengan air.



Dan inilah beberapa manfaat air garam untuk kesehatan:


Mengatasi hidung tersumbat dan sinus


Penyakit ini bisa disebabkan oleh pilek, flu, atau alergi. Caranya, air garam tersebut dipergunakan untuk mencuci hidung. Air garam dapat membantu menjaga saluran hidung terbuka, menghilangkan lendir kental atau yang sudah mengering, membersihkan sinus, mencegah penyebaran infeksi dan membuat hidung terasa lebih nyaman.


Meredakan sakit gigi dan luka mulut


Air garam dapat meredakan nyeri dan mempercepat proses penyembuhan ketika gigi Anda tanggal, mengalami perdarahan di mulut, lidah tergigit atau gigi rusak. Caranya, masukkan 1 sendok teh garam ke dalam 1 cangkir air hangat, aduk hingga larut. Kemudian, berkumur dengan larutan air garam tersebut segera setelah makan. 


Mengobati sakit tenggorokan


Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh virus atau bakteri, dan biasanya akan terasa jika Anda menelan. Untuk perawatan atau pengobatan sementara di rumah, Anda bisa berkumur dengan larutan air garam. Campur 1 sendok teh garam meja dan satu gelas air hangat. Metode ini juga bisa dilakukan sebagai salah satu cara mengobati amandel.


Membersihkan kutu air


Kutu air adalah infeksi jamur menular pada kulit kaki dan dapat menyebar ke kuku kaki dan terkadang tangan. Selain ditangani dengan obat resep dari dokter, dapat dilakukan perawatan untuk infeksi jamur kaki ini. Caranya, rendam kaki Anda dalam larutan air garam atau cuka encer guna membantu mengeringkan lecet.


***